Home Sulteng

Disdukcapil Gencarkan Layanan Jemput Bola

16
LAYANAN JEMPUT BOLA - Disdukcapil Provinsi Sulteng bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Palu saat pelayanan jemput bola di Kelurahan Taipa mulai 11 November 2020. (Foto: Dok)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskdukcapil) Provinsi Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palu tengah gencar melakukan layanan jemput bola di daerahnya.

Sekretaris Disdukcapil Provinsi Sulteng, Rizal Damsud, mengungkapkan layanan jemput bola yang dimaksud yaitu untuk perekaman sekaligus pencetakan E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan layanan kependudukan lainnya.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Dukcapil kota pelayanan jemput bola di kelurahan-kelurahan Kota Palu,” ungkap Rizal, Jumat, 13 November 2020.

Dia mengatakan layanan jemput bola sudah berlangsung dalam beberapa pekan di sejumlah kelurahan. Dalam pelayanan tersebut, Disdukcapil menurunkan sekitar 15 petugas membawa alat lengkap dengan perangkat pendukungnya.

Total ada lima kelurahan yang menjadi titik pelayanan jemput bola. Sasaran pertama dilakukan di Kelurahan Kawatuna. Kemudian Lasoani, Petobo, Taipa, dan menyusul Kelurahan Kabonena.

“Kabonena nanti yang terakhir kami laksanakan, mungkin akhir bulan ini (November),” ucap Rizal.

Rizal menuturkan tujuan utama layanan jemput bola untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, khususnya E-KTP. Itu karena saat ini hampir semua pelayanan publik dan bantuan pemerintah membutuhkan NIK yang tercantum di E-KTP.

Terkait kebutuhan akan blangko E-KTP, sebelumnya, Rizal mengungkapkan Provinsi Sulteng sudah mengajukan permohonan penambahan sebanyak 50.000 keping.

“Sudah kami masukkan permohonan ke pusat untuk tambahan blangko E-KTP,” ungkapnya.

Rizal belum bisa memastikan jumlah blangko yang akan diberikan untuk Sulawesi Tengah. Dikatakan, semua tergantung keputusan pemerintah pusat melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Berapapun nanti yang akan diberikan dari pusat kita akan terima untuk dibagikan ke kabupaten/kota,” ujar Rizal.

Tambahan blangko nantinya digunakan untuk pencetakan E-KTP bagi warga di daerahnya. Saat ini, stok blangko E-KTP yang tersedia di Disdukcapil Provinsi Sulteng tinggal sekitar 2.000 keping.

“Stok blangko itu kami siapkan untuk keperluan yang sifatnya mendesak,” pungkas Rizal.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas