Home Sulteng

Pemprov Ajukan Tambahan 50.000 Blangko

10
ILUSTRASI - Blangko E-KTP. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemprov Sulteng melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulteng tengah mengajukan penambahan blangko E-KTP sebanyak 50.000 keping. Hal ini diungkapkan Sekretaris Disdukcapil Provinsi Sulteng, Rizal Damsud, Kamis, 12 November 2020.

“Sudah kami masukkan permohonan ke pusat untuk tambahan blangko E-KTP,” ungkapnya.

Rizal belum bisa memastikan jumlah blangko yang akan diberikan untuk Sulawesi Tengah. Dikatakan, semua tergantung keputusan pemerintah pusat melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Berapapun nanti yang akan diberikan dari pusat kita akan terima untuk dibagikan ke kabupaten/kota,” ujar Rizal.

Tambahan blangko nantinya digunakan untuk pencetakan E-KTP bagi warga di daerahnya. Saat ini, stok blangko E-KTP yang tersedia di Disdukcapil Provinsi Sulteng tinggal sekitar 2.000 keping.

“Stok blangko itu kami siapkan untuk keperluan yang sifatnya mendesak,” pungkas Rizal.

Diberitakan sebelumnya, Disdukcapil Provinsi Sulteng telah melakukan pendistribusian puluhan ribu blangko E-KTP ke kabupaten/kota. Saat itu, Kepala Disdukcapil Provinsi Sulteng, Abd Haris Yotolembah, mengungkapkan pendistribusian blangko tersebut dilakukan akhir Agustus 2020.

“Sekitar 50 ribu keping lebih sudah kami bagikan ke Dinas Dukcapil kabupaten/kota,” ungkap Haris di Kantornya, Kamis, 3 September 2020.

Dia mengatakan stok blangko tersebut didistribusikan ke kabupaten/kota untuk menuntaskan surat keterangan pengganti E-KTP dan PRR (print ready record) di Provinsi Sulawesi Tengah.

Tujuannya demi kenyamanan warga untuk menyalurkan hak suara saat Pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Dikatakan, secara regulasi, suket tetap bisa digunakan untuk keperluan pemilihan kepala daerah. Namun Disdukcapil menarget semua warga yang memiliki hak pilih bisa menggunakan E-KTP.

Pada akhir Juni lalu, Disdukcapil Provinsi Sulteng juga melakukan pendistribusian 100 ribu keping blangko E-KTP. Blangko tersebut dijemput langsung ke Jakarta, oleh Haris bersama jajaran. Pelayanan administarsi kependudukan sendiri saat ini sudah kembali dibuka sejak pemberlakuan new normal. Pelayanan dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas