Home Palu

Muhammad J. Wartabone Ajak Masyarakat Jaga Toleransi

14
Anggota DPD RI periode 2019-2024 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tengah, Dr Muhammad J. Wartabone, S.H., M.Hi memaparkan tentang pentingnya empat pilar bangsa dan negara Indonesia. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Anggota DPD RI periode 2019-2024 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tengah, Buya sapaan akrabnya Dr. Muhammad J. Wartabone, S.H., M.Hi mengajak seluruh masyarakat untuk saling menjaga toleransi.

Hal tersebut diungkapkannya dalam kegiatan sosialisasi empat pilar berbangsa dan bernegara yang diselenggarakan di Panti Asuhan Baitul Rahim Palu Jalan Purnawirawan, Kelurahan Tatura Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu, Kamis 12 November 2020.

Pria yang pernah menjabat anggota DPRD Kota Palu selama tiga periode ini menjelaskan bahwa tujuan dari tercapainya Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan empat pilar kebangsaan yang harus menjadi pedoman masyarakat.

“Nilai kebangsaan adalah yang melekat pada diri setiap warga negara atau norma kebaikan yang terkandung hingga menjadi ciri kepribadian bangsa Indonesia. Seperti dicerminkan dari sikap dan perilaku setiap warga negara,” jelasnya.

Ia menyebutkan sesuai pedoman membangun kesatuan dan persatuan bangsa adalah tidak memandang suku, Agama dan ras sebagai warga negara. Di mana dibutuhkan saling menghormati satu dengan yang lainnya.

“Maka, warga negara Indonesia di dalam tatanan hukum yaitu ialah sama. Orang miskin maupun kaya jika berbuat salah harus di penjara. Kemudian, kita juga perlu taat Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945,” sebutnya.

Menurutnya, prinsip beragama harus dipegang teguh yang juga merupakan sebagai pengikat Pancasila. Ia menuturkan manusia hidup bernegara tentu wajib dan taat dengan asas-asas aturan kenegaraan.

“Inilah yang merekatkan warga Negara Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dari Miangas hingga Pulau Rote. Kami harap masyarakat semakin memahami soal dasar negara. Termasuk dapat meningkatkan kerukunan dan toleransi terhadap sesama,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas