Home Olahraga

Adzan Berharap Lolos Timnas U-14

23
Adzan Fhaturozak Pontoh. (Foto: Metrosulawesi/ Moh. Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id Setelah melalui tahapan seleksi, akhirnya Adzan Fhaturozak, siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Palu, menjadi satu-satunya wakil Sulawesi Tengah di ajang Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional. Pada seleksi tingkat provinsi, wakil SMP Negeri 2 Palu diikuti 10 siswa.

Pelatih sepak bola SMP Negeri 2 Palu, Andi Azis, mengungkapkan, pelaksanaan GSI tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Seleksi seblumnya, tim SMP Negeri 2 Palu mengikuti pertanidngan di lapangan Namun kali ini, penilaian atau seleksinya hanya pada skill,  serta postur tubuhnya, melalui video virtual.

‘’Selama tahapan seleksi di tingkat provinsi, dilakukan secara virtual. Berbeda tahun sebelumnya, dimana anak-anak didik kami berlaga di lapangan,’’ ungkap Andi Azis kepada Metrosulawesi, Jumat (13/11/2020).

Dikatakan  Aziz, wakil Sulteng di ajang GSI,  Adzan bersama empat siswa lainya dari Sulteng. Mereka di pusat akan  mengikuti seleksi untuk persiapan masuk di Timnas U-14 dan U-15.

“Untuk tempat seleksi GSI tingkat nasional diselenggarakan di Bandung. Ada sekitar 30 siswa dari seluruh Indonesia akan mengikuti seleksi di ajang sepak bola nasional itu,” katanya.

Aziz mengatakan, dari lima perwakilan  Sulteng empat siswa merupakan pelajar asal Kota Palu,  dengan rincian  dua siswa SMP Negeri 12, dua siswa lainnya dari SMP Negeri 2 Palu dan SMP Madani Palu. Sedang satu siswa di luar Kota Palu yakni siswa SMP di  Kabupaten Parigi Moutong.

Soal Adzan, Andi Azis mengakui  postur tubuh dan skill sangat bagus. Disamping itu, yang bersangkutan memiliki pengalaman tidak saja di tingkat local, bahkan Adzan sudah pernah mengikuti pertandingan sepak bola di tingkat nasional.

“Kami berharap Adzan mengikuti jejak Witan Sulaeman yang juga alumni dari SMPN 2 Palu,” katanya.

Sementara itu, Adzan mengaku, dalam persiapan menuju tingkat nasional dirinya setiap hari melakukan latihan di lapangan Kalibata Nunu, bersama teman-temannya.

“Kami ketika latihan selalu diberikan arahan oleh pelatih, utamanya menjaga kesehatan, mengatur stamina, dan tidak boleh mengkonsumsi makanan yang tidak bergizi.  Sebab di nasional banyak tantangan yang dihadapi selama mengikuti seleksi, karena saingan disana cukup banyak,” ungkapnya.

Dia berharap, di tingkat nasional nanti dapat menampilkan prestasi yang terbaik, Jika perlu  masuk Timnas U-14 di Jakarta.

“Saya mohon doa kepada masyarakat Sulteng, agar saya bisa menjadi pemain sepak bola terbaik mewakili Sulteng,” harapnya.

Menanggapi prestasi itu, Kepala SMPN 2 Palu, Ninik, memberikan dana penyemangat kepada Adzan yang berhasil mewakili Sulteng ke tingkat Nasional.

“Kami memberikan uang saku kepada Adzan agar dia lebih semangat dan motivasinya dirinya untuk menjadi yang terbaik di nasional,” katanya. (*)

Reporter: Moh. Fadel

Ayo tulis komentar cerdas