Home Palu

Miliki Empati untuk Menolong Sesama

20
TERAPKAN PROKES - Disnakertrans Provinsi Sulteng ikut memperingati Hari Pahlawan tahun 2020 lewat upacara bendera dengan menerapkan prokes, Selasa, 10 November 2020. (Foto: Istimewa)
  • Terapkan Prokes, Disnakertrans Peringati Hari Pahlawan

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulteng ikut memperingati Hari Pahlawan tahun 2020 lewat upacara bendera di Palu, Selasa, 10 November 2020.

Pelaksanaan upacara menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan virus corona (covid-19). Semua peserta upacara, termasuk petugas pengibar bendera memakai masker dan saling menjaga jarak. Sekretaris Disnakertrans Provinsi Sulteng, Sitti Dahlia, bertindak sebagai inspektur upacara.

“Upacara kami laksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19,” ungkap Dahlia.

Upacara peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan sesuai arahan melalui surat Menteri Sosial RI Nomor: S.72/MS/B/5.4/PB.05.01/11/2020. Arahan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan surat Pemberitahuan Gubernur Sulawesi Tengah Nomor : 003.1/3085/Ro.Hp tertanggal 9 November 2020.

Upacara dilaksanakan secara sederhana dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, pembacaan teks pancasila, amanat inspektur upacara, dan pembacaan doa. Sitti dalam kesempatan ini menyampaikan amanat Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Juliari P Batubara. Mensos berharap agar Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat setiap 10 November saja.

Namun, lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, harus terus dikenang sepanjang masa.

“Sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu Pahlawanku Sepanjang Masa,” ucap Dahlia.

Peserta upacara diajak melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu dan bergotong royong mengisi kemerdekaan dalam membangun negeri. Perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi jangan disia-siakan.

“Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” ujarnya.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” pungkas Dahlia.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas