Home Internasional

Babussalam Bakal Kantongi Izin Operasional Haji Khusus

20
H. Mustamin Umar. (Foto: Metrosulawesi/ Moh. Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Owner Babussalam Kota Palu, H. Mustamin Umar, mengatakan, dalam waktu dekat ini kantornya akan mengantongi izin operasional pelayanan haji khusus.

“Alhamdulillah saya sendiri mengurus izin operasionalnya, dan saat ini masih dalam proses di pusat,” kata Mustamin, di Palu, belum lama ini.

Meskipun, kata Mustamin, izin operasionalnya itu masih dalam proses, saat ini pihaknya sudah membuka pendaftaran untuk pemberangkatan musim haji tahun 2021.

“Secara nasional, kalau tidak salah kuota haji khusus se Indonesia sekitar 17 ribu. Jumlah itu yang akan dibagi per travel, dan dipastikan tahun 2021 kami sudah memberangkatkan untuk jalur khusus,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Rusman Langke, memberikan apresiasi kepada KBIH Babussalam yang sebentar lagi mengantongi izin itu.

“Babussalam adalah satu-satunya KBIH di Sulteng yang akan memiliki izin operasional haji khusus. Kita harus mengapresiasi itu,” katanya.

Kata Rusman, ada beberapa gambaran perbedaan layanan haji khusus dan regular utamanya di biayanya.

“Untuk biaya jemaah haji khusus akan lebih tinggi. Kemudian jarak hotel jemaah khusus dekat dengan Masjidil Haram yang bisa diakses hanya dengan jalan kaki. Sementara hotel jemaah regular ditentukan berdasarkan konfigurasi yang dilakukan oleh PPIH yang berdasarkan qur’ah yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi,” ujarnya.

Sementara itu kata Rusman, jumlah okupansi kamar untuk jamaah haji khusus maksimal empat orang dan bisa memilih nama-nama yang masuk dalam satu kamar. Sementara jemaah regular tidak boleh lebih dari lima orang, namun kenyataannya para operator hotel menempatkan jemaah tidak lebih dari empat orang, dan jemaah tidak memiliki kewenangan untuk mengusulkan nama-nama dalam satu kamar.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas