Home Hukum & Kriminal

Longki Maafkan Yahdi

40
CIUM TANGAN - Saksi korban, Longki Djanggola dan Yahdi Basma bersalaman dan berpelukan di hadapan persidangan kasus dugaan pelanggaran UU ITE di Pengadilan Negeri Palu, Senin 9 November 2020. (Foto: Ishak Adam/ FB)

Palu, Metrosulawesi.id – Sidang lanjutan kasus dugaan pencemaran nama baik dengan terdakwa Yahdi Basma di Pengadilan Negeri Palu, Senin 9 November 2020, jadi kesempatan buat Yahdi untuk meminta maaf.

Dia langsung beranjak dari tempat duduknya dan langsung menghampiri H Longki Djanggola, setelah mendapat kesempatan dari Ketua Majelis Hakim Muhammad Djamir.

Pada persidangan kemarin, Gubernur Longki sekaligus korban pelapor dalam kasus itu, diagendakan untuk memberikan kesaksian. Sebelum memberikan keterangan, pimpinan sidang, sempat bertanya kepada saksi korban Longki Djanggola apakah mau memaafkan Yahdi.

Atas pertanyaan itu dijawab singkat oleh Longki.

“Ya mau memaafkan, tapi proses hukumnya tetap dilanjut,” kata Longki.

Hakim Djamir kemudian menimpali bahwa perkara tersebut tidak bisa dihentikan karena sudah bergulir di pengadilan. Perkara tersebut akan berakhir dengan putusan majelis hakim.

“Lain halnya bila masih di penyelidikan atau di penyidikan, itu bisa di-SP3. Pengadilan tidak ada SP3,” kata Djamir.

Setelah bertanya ke saksi korban, hakim Djamir pun kemudian menanyakan kesiapan Yahdi Basma.

“Apakah saudara mau minta maaf,” tanya hakim.

“Mau minta maaf,” jawab Yahdi singkat.

Yahdi yang kalah itu duduk di samping kuasa hukumnya, Ishak Adam SH MH, langsung berdiri dan melangkah ke arah Longki Djanggola yang duduk di bagian tengah ruang persidangan.

Keduanya saling bersalaman. Yahdi mencium tangan gubernur Sulteng itu dan memeluknya. Setelah itu, kembali ke tempat duduk, dan persidangan dilanjutkan.

Gubernur Longki hadir dalam memberikan keterangan terhadap perkara dugaan pelanggaran UU ITE (Informasi, Transaksi dan Elektronik) yang diadukan beberapa waktu lalu. Dalam laporannya, Yahdi Basma dituduh menyebarkan berita hoaks.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas