TINJAU - Wakil Bupati Buol, H. Abdullah Batalipu, bersama rombongan melakukan peninjauan usai membuka kembali aktivitas jual beli di Pasar Rakyat Barabatu, Desa Busak II, Kecamatan Karamat, Sabtu, 7 November 2020. (Foto: Istimewa)

Buol, Metrosulawesi.id – Wakil Bupati Buol, H. Abdullah Batalipu, resmi membuka kembali aktivitas jual beli di Pasar Rakyat Barabatu, Desa Busak II, Kecamatan Karamat, Sabtu, 7 November 2020. Turut hadir Kepala Diskumperindagkop, Kepala Dishub, Kepala Disporapar, Camat Karamat, Para Kades se- Kecamatan Karamat, serta masyarakat Desa Busak II.

Abdullah menyampaikan Pasar Rakyat Barabatu dibuka kembali dengan harapan roda perekonomian masyarakat agar bisa berjalan. Sebelumnya, pasar tersebut pertama kali dibuka pada tahun 2018. Dia menyarankan agar segera dibuat Peraturan Kepala Desa yang mengatur tentang Retribusi Pasar Rakyat Barabatu.

“Segera buatkan aturannya, lakukan musyawarah bersama BPD serta pihak terkait agar tidak ada masalah di kemudian hari,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa tahun 2021 pihak terkait akan segera mengaliri listrik sampai ke Pasar Rakyat Barabatu. Dia berharap agar pasar ini juga segara di pagari sehingga terlihat lebih baik.

Usai membuka kembali Pasar Rakyat Barabatu, Abdullah menyempatkan diri berjalan-jalan dan melihat kondisi pantai Barabatu. Ia berharap agar pihak yang terkait dapat segera meningkatkan sarana dan prasarana serta promosi objek wisata tersebut.

“Sehingga Pantai Barabatu dapat menjadi salah satu tempat favorit untuk menghilangkan penat bagi masyarakat,” tandas Abdullah.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Mokoapot berkesempatan mewawancarai salah satu warga masyarakat Desa Busak II, Yulin Alce, penjual makan khas masyarakat buol yaitu ambal sagu di lapaknya pada Pasar Rakyat Barabatu.

Yulin mengatakan dengan dibuka kembali Pasar Rakyat Barabatu sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Busak II. Itu karena posisi pasar sangat berdekatan dengan pantai Barabatu, sehingga akan terbuka lebar peluang masyarakat dalam usaha mikro menengah.

“Kami selaku masyarakat mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Desa Busak II dan Pemerintah Daerah Kabupaten Buol,” ucap Yulin.

Pasar Rakyat Barabatu Desa Busak II akan beroperasi satu kali dalam sepekan setiap Sabtu. Kepala Desa Busak II, Safari A. Lamaroso, berharap masyarakat bisa mengambil peluang untuk memanfaatkan pasar dan peluang wisata pantai Barabatu.

“Pemerintah desa akan terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas pasar dan akses demi kenyamanan penjual, juga pembeli,” ujar Safari.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas