Rahmad Iqbal. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Sigi, mengembangkan program Gerakan Rakyat Sigi Memanfaatkan Pekarangan (Gerak Sigi Mantap). 

Kepala DKPP Kabupaten Sigi, Rahmad Iqbal, belum lama ini mengatakan, program Gerak Sigi Mantap bertujuan untuk memantapkan dan menguatkan ketahanan pangan msyarakat, serta untuk mewujudkan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman di Kabupaten Sigi.

“Program ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, agar mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lahan pekarangan yang dikuasainya, untuk mewujudkan  ketahanan pangan keluarga secara berkelanjutan,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun manfaat dari pengelolaan lahan pekarangan tersebut adalah, dapat memenuhi kebutuhan konsumsi dan gizi keluarga, menghemat pengeluaran harian rumah tangga dan memberikan tambahan pendapatan. Menurutnya, manfaat tersebut akan dapat diperoleh, apabila pemanfaatan pekarangan dirancang, direncanakan dan dikelola dengan baik.

“Potensi lahan pekarangan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilar yang dapat diupayakan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan keluarga melalui ‘Gerak Sigi Mantap’, dengan semboyan ayo menanam di pekarangan,” tuturnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas