Home Palu

Kagama Gandeng Untad Tingkatkan SDM Dokter

29
Untad. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Keluarga Besar Alumni Fakultas Kedokteran Gadjah Mada (Kagama) menggandeng Universitas Tadulako (Untad) melalui Fakultas Kedokteran menyelenggarakan konferensi internasional untuk peningkatan SDM (sumber daya manusia) para dokter.

Konferensi internasional mengusung tema “Beyond National Health Care System in Indonesia, Toward Universal Health Coverage 2020” yang diselenggarakan dari Hotel Bestwestern Palu, baru-baru ini.

Ketua Panitia, dr Putu Melaya, menjelaskan peserta konferensi internasional meliputi dosen, peneliti, mahasiswa dan praktisi dari dokter spesialis, dokter gigi, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, dan tenaga kesehatan terkait, baik dalam maupun luar negeri.

“Kegiatan ini seharusnya digelar secara luring tapi karena pandemic covid-19 terpaksa melalui aplikasi zoom meeting,” ucap Putu.

Dekan Fakulas Kedokteran Untad, Dr dr M Sabir, mengapresiasi terlaksananya kegiatan dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia, peserta, dan khususnya para pembicara konferensi tersebut.

Sementara itu, Wakil Rektor Untad Bidang Kerjasama, Prof Dr Ir Amar ST MT, mengungkapkan tujuan dari pelaksanaan seminar internasional antara lain untuk meningkatkan profesionalitas pelayanan kesehatan khususnya di bidang kedokteran.

Konferensi menjadi media pembinaan dan pengembangan kompetensi tenaga kesehatan dalam perannya menghadapi Universal Health Coverage 2020. Selanjuntnya untuk membandingkan sistem kesehatan di negara maju dan Indonesia dalam menghadapi Universal Heatlh Coverage 2020.

Kemudian menciptakan sinergi kerja dan interprofesional antar tenaga kesehatan serta mengembangkan jaringan penelitian dan kerjasama lainnya di bidang kedokteran, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Kita harap konferensi internasional memberi manfaat yaitu perbaikan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah, peningkatan kualitas tenaga kesehatan profesional, peningkatan koordinasi sinergis antar petugas kesehatan, dan peningkatan minat dosen, mahasiswa, dan peneliti dalam publikasi penelitian,” ujar Amar.

Adapun narasumber yang dihadirkan yaitu Prof Mark A Graber, dari University of Iowa Carver College of Medice. Prof Mark memaparkan materi “Family Medicine in The United Stated of America’. Narasumber lainnya Prof Dato Dr Syed Muhammad Aljunid, dari University Kebangsaan Malaysia yang memaparkan materii “Health Care aCost Management in Malaysia”. Pembicara selanjutnya Prof. Dr. Supasit Pannaruthai dari Faculty of Medicine Naresuan University, Thailand, Prof. dr. Laksono Trisnantoro dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, Indonesia.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas