Home Pendidikan

Sebagian SD di Poso Mulai Dibuka

46
Ilustrasi. (Foto: Ist)

Poso, Metrosulawesi.id – Sejumlah orang tua murid yang berada di kawasan zona hijau mengaku senang sekolah kembali dibuka meskipun suasana Pandemi Corona tak kunjung selesai.

“Memang lebih baik anak belajar di sekolah daripada harus di rumah karena mereka tidak fokus belajarnya kalau di rumah,” kata seorang orangtua murid di Kelurahan Kawua bernama Johanes  saat dihubungi wartawan Selasa  3 November 2020.

Menurutnya anak akan dikorbankan jika pembelajaran dari rumah terus dilakukan. Pasalnya, ia yang juga bekerja kesulitan mendampingi anaknya belajar sepanjang hari. Selain itu kemampuan mengajar orang tua juga terbatas.

“Anak lebih patuh kalau disuruh belajar gurunya daripada ibunya,” kata  Johanes yang saat ini anaknya duduk di kelas dua SD itu.

Orang tua murid lainnya, Anita, juga mengaku tidak masalah jika anaknya yang saat ini kelas tiga SD kembali ke sekolah.

“Tidak masalah karena  Poso mungkin saat ini  sudah zona hijau. Di sekolah juga menerapkan protokol kesehatan. Jadi tidak masalah di sekolah dibandingkan belajar di rumah, tapi anak lebih banyak bermain,” kata Anita.

Sebelumnya  Pemerintah menegaskan pembukaan sekolah di zona hijau harus mengedepankan protokol kesehatan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Panduan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran Baru dan Tahun Akademi Baru di Masa Pandemi Covid-19.

“Ini mengenai kenyamanan, mengenai kepercayaan kita kepada institusi sekolah yang bisa melakukan protokol kesehatan yang baik,” kata  Kepsek SD diwilayah kecamatan Poso Kota Selatan itu.

Kebijakan membuka sekolah kembali untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka berada di tangan kepala daerah. Selain kepala daerah, kepala sekolah dan orang tua juga punya hak untuk menentukan apakah memang sekolah tersebut sudah siap untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka kembali.

Hasil investigasi media ini, Sekolah Dasar (SD) yang sudah membuka kembali proses belajar mengajar sebagian berada di Kecamatan Lage yakni SD Negeri Malei.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Poso Drs Victor Tumonggi soal sudah ada beberapa SD yang kembali buka Proses Belajar Mengajar (PBM) kepada wartawan  mengatakan, hal tersebut merupakan kewenangan Kepsek dengan melihat kondisi wilayah masing-masing.

“Kuncinya PBM di sekolah  berada di tangan Kepsek dengan selalu berkoordinasi bersama dinas terkait atau Tim Gugus Tugas Covid 19, tentunya di sekolah harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bagi daerah yang mungkin sudah masuk zona hijau, itulah sehingga Kepsek mulai membuka PBM, orang tua  murid  juga harus membantu guru untuk belajar anak  di rumah,” ujar Viktor.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

1 COMMENT

Ayo tulis komentar cerdas