Home Banggai Laut

Pencarian Korban Speedboat Fajar Masih Nihil

48
PENGARAHAN - Tim gabungan pencarian korban tenggelamnya Speedboat Fajar di Perairan Sonit-Kasuari, mendapat pengarahan sebelum melakukan pencarian. (Foto: Metrosulawesi/ Purnomo Lamala)

Balut, Metrosulawesi.id Upaya pencarian terhadap tiga korban tenggelamnya Speedboat Fajar, di Perairan Sonit dan Kasuari, Kabupaten Banggai Laut (Balut), Sulawesi Tengah, Selasa (03/11/2020), belum membuahkan hasil. Hingga pukul 16.00 Wita, tim gabungan belum menemukan satupun dari tiga korban yang hilang.

Tim gabungan pencarian yang terdiri dari Basarnas Provinsi Sulteng, BPBD Kabupaten Balut, serta Polairud, melakukan pencarian mulai pukul 08.00 Wita. Pencarian masih di fokuskan di areal tidak jauh dari tenggelamnya speedboat yang ditumpangi rombongan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Balut nomor urut 02, Rusli Banun-Asgar Badalia.

Pencarian terhadap tiga korban yang hilang, tim gabungan juga dibantu sejumlah nelayan Desa Sonit dan Kasuari. Meski dilakukan penyisiran di areal  Pagar Garua, tanda-tanda dari ketiga korban yang hilang belum ditemukan.

Diperoleh keterangan, pencarian terhadap ketiga korban yang hilang, tim gabungan dari Polairud direncanakan menggunakan helikopter, untuk melakukan pencarian melalui udara..          

‘’Sejak pagi hingga sore ini, proses pencarian terhadap ketiga korban yang hilang belum membuahkan hasil. Pencarian akan terus dilakukan, dan mudah-mudahan secepatnya ketiga korban dapat ditemukan,’’ ujar Kepala BPBD Balut, Mulyadi Mojang.

Seperti diwartakan sebelumnya, Speedboat Fajar yang membawa rombongan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Balut nomor urut 02, Rusli Banun-Asgar Badalia, sedang dalam pelayaran dari Pulau Kasuari menuju Pulau Sonit. Pukul; 08.00 Wita. Saat diperjalanan, tepatnya pertemuan arus yang biasa di sebut Pagar Garua di sekitar pukul 11.00  Wita,  Speedboat diterjang ombak, hingga terbalik dan tenggelam.

Dari sepuluh penumpang, empat penumpang ditemukan nelayan yang tengah melintas di sekitar lokasi kejadian. Keempat penumpangan yang ditemukan selamat, satu diantaranya adalah calon Bupati Balut, Rusli Banun. Tiga penumpang lainnya, Ramli (motoris), Haji Basri dan Samsul Lambelu—merupakan mantan Kades Matanga.

Tiga korban ditemukan dengan kondisi sudah meninggal. Ketiga korban itu adalah calon Wakil Bupati Balut, Asgar Badalia. Dua korban meninggal lainnya yakni Ahmad Yusuf dan Nursan, yang merupakan karnet dari Speedboat Fajar. Sedang tiga korban yang hilang, dua diantaranya adalah anggota Polri, yakni Moh. Takwa dan Ilham, serta seorang lagi yang ikut rombongan paslon Rudal yakni Azis Pataboga. (*)

Reporter: Purnomo Lamala

Ayo tulis komentar cerdas