Home Palu

Tak Lagi Harus Bertemu dengan Bidan

34
LAUNCHING - Wakil Rektor Untad Bidang Keuangan, Dr Muhammad Nur Ali (enam dari kanan) didampingi jajaran saat melaunching inovasi berbasis aplikasi android untuk pelayanan kesehatan masyarakat ibu dan anak pada Selasa, 27 Oktober 2020. (Foto: Istimewa)
  • Untad Ciptakan Lima Aplikasi Kesehatan Ibu-Anak

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) menciptakan inovasi berbasis aplikasi android untuk pelayanan kesehatan masyarakat ibu dan anak. Tak tanggung-tanggung, aplikasi yang diciptakan langsung lima sekaligus.

Aplikasi tersebut yakni aplikasi tumbuh kembang anak, aplikasi moms care online, aplikasi deteksi dini anak stunting, aplikasi android deteksi ibu melahirkan stunting, dan terakhir aplikasi moms care offline.

Lima aplikasi itu telah dilaunching oleh Wakil Rektor Untad Bidang Keuangan, Dr Muhammad Nur Ali, mewakili Rektor pada Selasa, 27 Oktober 2020. Nur Ali menyampaikan bahwa inovasi yang dihasilkan Untad diharapkan bermanfaat bagi semua ibu dan anak.

“Tentu kita harapkan akan muncul inovasi-inovasi selanjutnya dari Universitas Tadulako yang nantinya dapat diperkenalkan ke masyarakat Sulawesi Tengah,” ucapnya, Minggu, 1 Nopember 2020.

Diketahui, lima aplikasi yang sudah dilaunching itu merupakan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan yang dilakukan oleh sejumlah dosen Untad. Sampai menjadi aplikasi merupakan hasil kolabarasi antara Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Kedokteran dengan dukungan Fakultas Teknik dalam pengembangan aplikasinya.

Menurut Ketua Tim Peneliti, Dr Rosmala Nur S.KM M.Kes, lima aplikasi yang diciptakan sangat berguna masa pandemi covid-19 saat ini. Itu karena aplikasi dapat digunakan oleh bidan dan pasien (ibu-anak ) tanpa harus bertemu langsung.

“Kami harap karya Universitas Tadulako ini dapat membuat perubahan besar dengan motto ibu sehat bayi cerdas, suami cerdas sayang istri,” ujar Rosmala.

Dia menyebut aplikasi selanjutnya diserahkan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, untuk dapat diaplikasikan oleh seluruh bidan bidan yang ada di daerah ini. Diharapkan pula penerapan lima aplikasi dimaksud dapat mencegah penyebaran virus corona.

“Semoga inovasi Universitas Tadulako dapat menjawab permasalahan yang ada dimasyarakat, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi yang menggunakan,” tandas Rosmala.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas