Home Palu

Komunitas Motor Sumbang 177 Kantong Darah di Palu

24
Peserta tampak antusias dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Kota Palu, Sulawesi Tengah oleh komunitas motor. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Rolling City mengelilingi Kota Palu dengan tema Jong Celebes Ride menjadi pembuka kegiatan donor darah “Bakti Pemuda Setetes Darah Untuk Negeri”.

Sebanyak 15 motor ambil bagian dalam rolling city sejauh 15 kilometer dari Polres Palu menuju Lapangan Vatulemo dengan rute memutar melalui Jalan Kartini, Jalan Tanjung Dako, Jalan Gunung Sidole, Jalan Juanda, dan Jalan M. Yamin.

Koordinator Bold Riders Palu Mokhamad Robby Hidayat menuturkan setelah melakukan rolling city, para bikers ini langsung mengikuti donor darah di Kodim 1306/Donggala Palu pada 24-25 Oktober 2020.

Selain di Kodim, kegiatan donor darah juga digelar di Kantor PMI Palu pada 26-28 Oktober 2020. Total terdapat 254 peserta dalam kegiatan kemanusiaan ini. Setelah melalui pengecekan dan pemeriksaan kesehatan, jumlah peserta yang berhasil mendonorkan darahnya mencapai 177 orang.

“Antusiasme dari 16 komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Palu dan 4 komunitas Bolderhood Palu sangat besar, sehingga mampu menghasilkan 177 kantong darah. Meskipun gagal mencapai target 200 kantong darah, apa yang ditelah disumbangkan teman-teman komunitas ini begitu luar biasa,” tutur Robby, Kamis (29/10/2020).

Kegiatan donor darah ini mendapat apresiasi dari Koordinator Lapangan PMI Sulawesi Tengah Suharno. Menurutnya, apa yang telah dilakukan komunitas motor di Palu ini cukup mengejutkan.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Kota Palu, Sulawesi Tengah oleh komunitas motor. (Foto: Ist)

“Ini sangat luar biasa. Kami cukup terkejut dan sampai kewalahan karena di hari H peserta membludak. Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman komunitas di Palu,” ujar Suharno.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas