Home Politik

Debat Pilgub Sulteng Dibagi 6 Segmen

22
KPU Sulteng menggelar konferensi pers terkait pelaksanaan debat publik calon gubernur dan wakil gunernur Sulteng di kantor KPU Sulteng, Jalan S Parman, Palu, Jumat 30 Oktober 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah mengatur teknis pelaksanaan debat calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah. Debat dengan tiga tema besar ini akan berlangsung dalam enam segmen.

Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming mengatakan, tema debat publik pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah tahap pertama ini adalah memajukan daerah, menyelesaikan persoalan daerah, serta kebijakan penanganan Covid 19.

Dijelaskan, ada enam segmen dalam debat di antaranya pasangan calon menjawab pertanyaan yang telah disusun oleh tim pakar dan nanti akan dibacakan oleh moderator.

“Ada tujuh orang tim pakar telah SK-kan. Tim pakar tersebut dari kalangan akademisi berbagai disiplin ilmu dari berbagai universitas,” kata Tanwir Lamaming pada konferensi pers di kantor KPU Sulteng, Jalan S Parman, Palu, Jumat 30 Oktober 2020.

Debat Publik Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Sabtu 31 Oktober 2020. Debat publik tahap satu ini disiarkan secara langsung oleh iNews TV, lembaga penyiaran swasta nasional pada pukul 20.00-22.00 Wita.

Masyarakat juga bisa mengikuti jalannya debat melalui channel media sosial Facebook KPU Provinsi Sulawesi Tengah. Debat ini akan dipandu oleh moderator Anisa Dasuki presenter iNews TV yang telah memiliki pengalaman dalam memandu debat publik Pilkada serta memandu debat calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019.

Anggota KPU Sulawesi Tengah Sahran Raden menguraikan enam segmen debat pertama adalah penyampaian visi misi masing-masing pasangan calon sesuai dengan tema.

“Dengan waktu 3 menit, kita berharap visi misi pasangan calon bisa tersampaikan,” kata Sahran Raden.

Selanjutnya, segmen kedua dan ketiga adalah pedalaman visi-misi pasangan calon. Pada segmen ini, moderator yang memandu jalannya acara membacakan pertanyaan yang sebelumnya telah disusun oleh tim pakar yang ditunjuk oleh KPU Sulteng.

Selanjutnya, kata Sahran Raden pada segmen keempat dan kelima adalah debat atau pasangan calon akan saling bertanya. Ada tiga metode dalam debat kali ini yakni debat antarcalon gubernur; debat antar calon wakil gubernur; dan debat antara pasangan secara bersama.

“Selanjutnya, segmen keenam, closing statement,” urai Sahran Raden yang Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, SDM KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

Dikatakan, enam segmen tersebut akan berlangsung selama 90 menit. Diharapkan debat yang merupakan salah satu metode kampanye ini dimanfaatkan oleh paslon secara baik untuk menyebarluaskan profil, visi, dan misi, serta program kerja kepada pemilih dan masyarakat.

Selain itu, memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan pemilih dalam menentukan pilihannya. Juga menggali lebih dalam dan luas atas setiap tema yang diangkat dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka. Adapun jika ada paslon berhalangan hadir pada debat sudah diatur dalam ketentuan PKPU 11 Tahun 2020.

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas