Home Sulteng

Hari Sumpah Pemuda, 11 Komunitas Motor di Tolitoli Gelar Donor Darah

19
DONOR DARAH - Sebanyak 11 komunitas motor di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah menggandeng Satlantas Polres Tolitoli menggelar donor darah, akhir pekan lalu.(Foto: Ist)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Sebelas komunitas motor di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, menggandeng Satlantas Polres Tolitoli, dalam rangkaian kegiatan donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” pada akhir pekan lalu.

Sebelum mendonorkan darah, komunitas yang tergabung dalam Bold Riders dan Bolderhood Tolitoli ini mendapat materi mengenai safety riding di Jalan Malatuang.

“Pihak Satlantas Polres Tolitoli memberikan arahan mengenai cara berkendara yang baik dan benar di jalan raya. Materi safety riding ini diberikan untuk meminimalisir kecelakaan di jalan, khususnya buat para bikers yang terbiasa dengan kegiatan touring,” beber koordinator acara, Budi Baso, Senin (26/10/2020).

Setelah mendapat arahan mengenai safety riding, para bikers dengan dikawal Satlantas Polres Tolitoli bertolak menuju Kantor UTD PMI Kabupaten Tolitoli untuk mendonorkan darahnya. Dari 28 peserta, berhasil diperoleh 23 kantong darah atau tingkat keberhasilannya mencapai lebih dari 80 persen.

Para pendonor dari ARS 150, YR15CI, V-Proji C, HSFCI, BOAB, TNC, MMCT, TOSTIC, GIVIC, Minerva Rider’s dan VTC Tolitoli juga mendapat kesempatan untuk meraih doorprize dengan hadiah helm, jaket, kaos oblong, tas selempang, hingga masker.

Sebelas komunitas motor di Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, menggandeng Satlantas Polres Tolitoli, dalam rangkaian kegiatan donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” pada akhir pekan lalu.(Foto: Ist)

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (*)

Reporter: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas