Home Banggai Kepulauan

Main Politik Identitas, Wakil Ketua NasDem Bangkep Dipecat

48
KETERANGAN PERS - Wakil Ketua Bidang Pendidikan Politik dan Kebudayaan, Inggrid (kiri), Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Muh Masykur (tengah) dan Wakil Ketua Bidang Kehutanan DPW Nasdem Sulteng, Iskandar Darise (kanan) memberikan keterangan pers, Rabu 28 Oktober 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Elwin Kandabu)

Palu, Metrosulawesi.id – DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah menyampaikan pemecatan pengurus partai karena memainkan politik identitas dan mendukung calon gubernur yang tidak diusung oleh NasDem.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPW Nasdem Sulteng, Muh Masykur, saat jumpa pers Rabu (28/10/2020) mengatakan, peraturan organisasi partai NasDem terkait Pilkada sangat jelas, pengurus partai harus tegak lurus dengan keputusan partai.

“Hasil investigas partai menemukan, saudara Delmard Siako sangat jelas mendukung calon lain di Pilgub Sulteng yang tidak diusung oleh NasDem. Tindakan itu melanggar peraturan partai dan tidak ada tolerir kecuali pemecatan,” tegas Masykur di hadapan sejumlah media.

Delmard Siako merupakan Ketua Bidang Hubungan Eksekutif DPD NasDem Banggai Kepulauan. Atas temua partai, Delmard Siako dipecat dari pengurus partai.

“Pilgub Sulteng NasDem mengusung pasangan Rusdi Mastura-Ma’mun Amir. Keputusan partai ini harus ditaati dan dipatuhi oleh seluruh pengurus partai,” tegas Masykur.

Saat jumpa pers itu Wakil Ketua Bidang Kehutanan DPW NasDem Sulteng, Iskandar Darise, juga menambahkan, Delmard Siako kedapatan menghadiri kampanye calon gubernur lain dan berorasi mendukung calon tersebut.

Yang sangat disayangkan, Delmard Siako mengeksploitasi politik identitas berkaitan dengan agama tertentu.

“Partai sangat tegas mengatur agar pengurus partai tidak menjadikan identitas sebagai bahan politik. Yang bersangkutan dalam orasinya sangat bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi, prinsip partai dan ideologi dan program partai,” tegas Iskandar.

Iskandar menambahkan, pengurus Partai NasDem harus mengedepankan isu yang berkadaban dalam melaksanakan kampanye.

Diketahui Delmard Siako pernah menjabat anggota DPRD Bangkep dan pernah mencalonkan sebagai calon Bupati Bangkep pada pemilihan 2018 silam. (*)

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas