Home Sulteng

15 Ribu Sapi Sudah Disuntik IB

15
Dandy Alfita. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Provinsi Sulteng mencatat sebanyak 15.370 ekor sapi di wilayahnya sudah disuntik IB (Inseminasi Buatan). Program IB salah satu upaya pemerintah untuk menggenjot reproduksi sapi dalam negeri di Sulawesi Tengah. 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner Disbunak Provinsi Sulteng, Dandi Alfita, mengatakan pemberian IB melalui program nasional Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) yang dicanangkan Menteri Pertanian RI.

“Progam pemberian IB kepada ternak sapi di Sulteng pada tahun 2020, sudah terealisasi hingga 75 persen dari target,” ungkapnya di Palu, Senin, 26 Oktober 2020.

Dikatakan, target program IB di Sulteng tahun ini sebanyak 20.500 sapi yang harus terealisasi sampai Desember mendatang. Dari 15.370 sapi sudah disuntik IB, yang mencapai kebuntingan mencapai 14.000 ekor, dengan kelahiran mencapai 13.005 ekor. Penyumbang IB terbanyak berasal dari Kabupaten Banggai, dengan capaian IB 5.555 ekor sapi.

Dandi mengungungkapkan program IB yang telasudah  terealisasi telah menelan anggaran operasional sekira Rp1,14 miliar. Rinciannya digunakan untuk IB sebesar Rp461 juta, pemeriksaan kebuntingan Rp 420 juta, dan pemeriksaan kelahiran Rp260 juta.

“Jadi untuk IB dan pemeriksaan kebuntingan masing-masing Rp30 ribu per ekor, sedangkan untuk kelahiran Rp20 ribu per ekor,” ungkap Dandi.

Anggaran tersebut kata Dandi berasal dari APBN karena merupakan bagian dari program nasional. Anggarannya digunakan untuk membiayai operasional petugas yang ditempatkan di masing-masing daerah.

Sedangkan pelayanan untuk peternak yang sapinya disuntik IB tidak dipungut biaya (uang). Itu karena petugas sudah dibiayai untuk jasa pelayanannya sehingga gratis untuk peternak. Para petugas yang ditempatkan masing-masing memiliki sertifikat melaksanakan inseminasi buatan.

Dandi mengaku optimis target IB yang ditetapkan pemerintah pusat bisa terealisasi 100 persen. Sulteng disebut masih memiliki banyak sapi betina produktif yang siap untuk disuntik IB. Hampir semua kabupaten/kota ikut menyumbang capaian realisasi program suntuk IB di daerahnya.

“Kita pasti optimislah karena potensi sapi yang bisa disuntik IB masih banyak,” pungkas Dandi.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas