Home Sulteng

Pasien Covid Meningkat 232 Persen

18
Hasyim. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulteng kembali mencatat adanya peningkatan pasien terpapar virus corona (covid-19) di daerah ini. Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik Diskominfo Provinsi Sulteng, Hasim, mengungkapkan peningkatan pasien covid lebih dari dua kali lipat atau 232,93 persen dari periode bulan sebelumnya pada September 2020.

“Berdasarkan data per 24 Oktober 2020, menunjukkan gelombang kedua peningkatan covid-19 masih terus berlanjut,” ungkap Hasim,  Minggu, 25 Oktober 2020.

Kata dia, demikian pula rekapitulasi rata-rata pasien covid-19 yang sedang menjalani perawatan baik di rumah sakit rujukan maupun isolasi mandiri menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan.

“Jadi berdasarkan statistik, jumlah pasien yang terkonfirmasi covid-19 meningkat dibandingkan dengan pasien yang sembuh,” ucapnya.

Hingga 24 Oktober, total pasien covid-19 di Sulteng disebutkan mencapai 799 orang, setelah adanya ketambahan 12 pasien baru. Dari ketambahan 12 pasien baru, 11 diantaranya adalah warga Kota Palu, sedang seorang lagi merupakan warga Kabupaten Sigi yang dinyatakan meninggal dunia.

Dengan demikian, jumlah komulatip warga Sulteng meninggal akibat terinfeksi virus corona telah mencapai 33 orang. Sementara total warga Sulteng yang sembuh dari virus corona sebanyak 519 orang hingga Sabtu, 24 Oktober.

Adapun untuk jumlah warga Sulteng yang masih menjalani perawatan akibat terpapar covid-19 sebanyak 247 orang.  Lima wilayah di Sulteng masih menangani pasien Covid-19 terbanyak yaitu Kota Palu dengan jumlah 84 pasien.

Kemudian disusul Kabupaten Banggai dengan jumlah pasien sebanyak 53 orang, Kabupaten Sigi  sebanyak 29 pasien, Kabupaten Poso sebanyak 19 pasien, dan Kabupaten Morowali sebanyak 14 pasien. Sisanya Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Tolitoli masing-masing menangani sembilan pasien.

Olehnya Hasim kembali mengingatkan masyarakat agar tetap menaati protokol kesehatan pencegahan covid-19. Masyarakat tanpa terkecuali harus tetap menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Ayo, jangan kendor untuk senantiasa  mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Tentu juga pastinya mendoakan saudara-saudara kita yang terkonfirmasi covid-19 dan sedang berjuang untuk bisa sembuh,” pungkas Hasim.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas