Home Palu

Hak Jawab Polda Sulteng Atas Berita ‘Diduga ‘Main Mata’ Pengelola USA Ambil Meterial di Luar IUP’

27
ILUSTRASI - Hak Jawab. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (Polda Sulteng), memberikan Hak Jawab atas pemberitaan di Metrosulawesi.id, edisi Sabtu (26/09/2020), dengan judul ‘Diduga ‘Main Mata’ Pengelola USA Ambil Meterial di Luar IUP’.

Surat Hak Jawab Polda Sulteng dengan nomor: B/69/X/HUM/.1.1/2020, tertanggal 20 Oktober 2020, dan ditandatangani Kabidpropam Polda Sulteng, AKBP Jan Rizkian Milyardi, S.I.K, diterima Metrosulawesi.id, Selasa (27/10/2020) siang.

Adapun hak jawab dari Kabidpropam Polda Sulteng sebegai berikut:

Pertama, adanya kalimat dalam berita yang dapat memberikan konotasi negative terhadap petinggi kepolisian (Kapolda, Pejabat Utama Polda atau Kapolres) yang dianggap ‘main mata’ atau melakukan backing sehingga pertambangan dapat dilakukan di luar Ijin Usaha Pertambangan (IUP).

Kedua, Sebagaimana dalam Pasal 3 Kode etik Jurnalistik ‘Wartawan Indonesia selalu menguji informasi memberitakan secara berimbang tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi serta menerapkan azas praduga tak bersalah

Ketiga, selama ini dari pihak media tidak pernah melakukan konfirmasi atau klarifikasi kepada pejabat yang berwenang di Polda Sulteng atau Polres yang dituangkan dalam pemeberitaan tersebut,

Keempat, Sehingga Polda Sulawesi Tengah perlu untuk memberikan hak jawab untuk dimuat di Metrosulawesi.id sebagai bentuk klarifikasi.

Kelima, Pimpinan Polda Sulawesi Tengah pada prinsipnya telah berkomitmen untuk melakukan pemberantasan segala bentuk kegiatan yang illegal termasuk pertambangan tanpa ijin (PETI) atau pertambangan tidak sesuai ijin.

Keenam, Dipersilahkan kepada masyarakat atau Lembaga Swadaya Masyarakat untuk melaporkan ke pihak Kepolisian apabila melihat atau menemukan adanya dugaan pertembangan tanpa ijin atau kegiatan pertambangan tidak sesuai ijin. (*)

Ayo tulis komentar cerdas