Home Sigi

105 Unit Huntap Pombewe Siap Ditempati

22
FOTO BERSAMA - Penandatanganan perjanjian Pemda Sigi bersama pihak Buddha Tzu Chi dengan masyarakat penerima Huntap, Ahad, 25 Oktober 2020. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Sebanyak 105 unit hunian tetap (Huntap) Perumahan Cinta Kasih Yayasan Buddha Tzu Chi di Desa Pombewe, Sigi Biromaru segera ditempati.  

Masyarakat yang terdampak bencana gempa dan likuefaksi 2018 lalu di Kabupaten Sigi sudah menerima kunci huntap 150 unit tersebut.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian Pemda Sigi bersama pihak Buddha Tzu Chi dengan masyarakat penerima Huntap, Ahad, 25 Oktober 2020, sekaligus penarikan nomor blok rumah oleh masing-masing calon penghuni Huntap.

Penandatanganan perjanjian itu berlangsung di Aula Pertemuan Pesantren Madinatul Ilmi Dolo yang dibuka langsung oleh Pjs. Bupati Sigi, Sisliandy.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sigi, Iskandar Nongtji, selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut, dalam laporannya menyampaikan, total bantuan Huntap dari Yayasan Buddha Tzu Chi berjumlah 500 unit.

“Progres hingga saat ini yaitu siap huni dan akan diserahkan kuncinya yaitu sejumlah 105 unit. Sementara sisanya masih dalam proses penyempurnaan dan pembangunan, diharapkan akan segera selesai dan dapat ditempati oleh masyarakat,” katanya.

Dijelaskannya, bangunan huntap ini dilengkapi dengan beberapa furniture yaitu satu unit ranjang tipe 160×200, satu unit ranjang susun, satu unit meja makan, empat kursi lipat, tiga unit krei jendela, dan satu unit ember 80 liter serta gayung.

Pjs Bupati Sigi, Sisliandy, menyampaiakan terimakasih dan presiasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah memberikan bantuan, serta kepada TNI dan POLRI yang senantiasa berdampingan dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan hunian tetap tersebut.

“Kami berharap huntap ini akan memberikan manfaat yang sebaik-baiknya bagi masyarakat. Terkait dengan fasilitas umum seperti jalan, drainase, dan air, prosesnya terus dilakukan dan pemerintah daerah terus berupaya dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” harap bupati.

Pihak Buddha Tzu Chi yang diwakili boleh Joe Riyadi, selaku Koordinator Verifikasi Konstruksi dan Rehabilitasi Sulteng berharap, Huntap Cinta Kasih ini dapat memberikan ketenangan batin, jiwa, raga, dan dapat berkumpul bersama keluarga. 

“Kami dari Yayasan Buddha Tzu Chi berharap agar masyarakat yang akan menghuni huntap dapat menjaga dan merawat rumah yang akan ditempati,” tuturnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas