Home Palu

Debat Pertama Bertemakan Kesejahteraan Masyrakat

16
Agussalim Wahid. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat publik calon wali kota dan wakil wali kota Palu tahun 2020. Debat publik dibagi dalam tiga tahap, debat pertama pada 27 Oktober 2020, debat ke dua 11 November 2020 dan debat ke tiga 28 November 2020.

Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid kepada Metrosulawesi 21 Oktober 2020 mengatakan, penetapan jadwal tersebut sudah disepakati bersama antara KPU dan tim pemenangan pasangan calon. Untuk debat pertama, mengangkat tema Meningkatkatkan Kesejahteraan Masyarakat, dan tema kedua Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat.

Menurut Agussalim, debat pertama akan dilaksanakan di Hotel Santika Palu, disiarkan langsung TVRI Sulteng dan RRI serta live streaming akun media sosial PPID KPU Kota Palu.

“Dari dua tema yang ditetapkan itu, kemudian dilakukan pendalaman oleh tim pakar. Apa yang menjadi pertanyaan hasil rumusan tim pakar, hanya ketahuan pada saat debat nanti, kami (komisioner) KPU sendiri tidak mengetahuinya,” tutur Agussalim.

Selain tema meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan tema meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kebijakan dan strategi penanganan Covid-19 juga menjadi materi dalam debat nanti.

Dalam menyusun materi debat, KPU Kota Palu menggandeng akademisi dari sejumlah universitas yang ada di Kota Palu. Semua tim pakar yang ditetapkan oleh KPU, sudah mendapat persetujuan dari tim pemenangan pasangan calon.

Tim pakar yang ditunjuk oleh KPU Kota Palu mempunyai integritas, jujur, simpatik dan kapasitas sesuai bidangnya/disiplin ilmunya. Tim pakar juga bersikap netral, tidak memihak tidak mempunyai hubungan dengan partai politik dan/atau pasangan calon.

Mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum selesai, Agussalim menegaskan yang hadir dalam debat nanti jumlahnya dibatasi, yang hadir hanya pasangan calon, penyelenggara (KPU dan Bawaslu) dan empat orang pendukung masing-masing pasangan calon.

“Meskipun di lokasi debat terbatas yang hadir, tetapi kami mengimbau kepada masyarakat Kota Palu untuk tetap menyaksikan perdebatan empat paslon terkait program mereka sesuai tema yang ditetapkan. Debat disiarkan langsung TVRI Sulteng, RRI Palu dan live streming media sosial KPU Kota Palu,” tuturnya.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas