Home Sulteng

Bansos PKH Disalurkan untuk Tiga Bulan

21
Ridwan Mumu. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulteng, H. Ridwan Mumu, mengungkapkan penyaluran bansos beras untuk Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) terkendala.

Olehnya, untuk menyiasati kendala dan keterbatasan waktu yang ada, penyaluran di beberapa wilayah kabupaten/kota di Sulteng hanya dilakukan sekali untuk jatah tiga bulan, yakni sebanyak 45 kilogram per KPM.

“Progres penyaluran terus berjalan, tapi masih ada sedikit kendala, namun sudah diantisipasi,” ungkap Ridwan, Kamis, 22 Oktober 2020.

Dia mengakui penyaluran bansos PKH di beberapa wilayah bergeser dari target awal. Penyaluran bansos 15 kilogram beras per KPM itu sedianya ditarget tuntas pada Oktober 2020.

“Ada beberapa kabupaten yang bergeser, tapi tidak terlalu jauh bergesernya. Yang penting masih dalam rentang waktu yang bisa ditolerir,” ucapnya.

Ridwan menjelaskan pergeseran target penuntasan penyaluran bansos tersebut, disebabkan oleh beberapa kondisi. Salah satunya, adalah pihak transporter yang telah ditunjuk masih belum menguasai beberapa titik lokasi pengantaran. Transporter yang membawa beras bantuan tersebut, merupakan pemenang tender dari Kementerian Sosial RI.

Sesuai kesepakatan bersama Dinsos, Bulog serta pihak transporter, juga berdasarkan instruksi dari Menteri Sosial RI, pengantaran bantuan beras tersebut harus sampai ke titik terdekat di masyarakat, yakni hingga ke tingkat RT setempat. Jika tidak memungkinkan, maka disepakati akan dibawa hingga ke kantor Kelurahan atau Kecamatan.

“Kita agak sedikit terhambat, karena ada beberapa (lokasi) pihak transporter yang tidak mengetahui kondisi di lapangan. Alhamdulillah kita sudah MoU dengan transporter dan Bulog bahwa apabila terjadi sesuatu di jalan segera dikondisikan. Jadi hanya di beberapa wilayah saja pihak transporter itu terhambat,” jelas Ridwan.

Sebelumnya, Ridwan mengungkapkan ada sekitar 155 ribu lebih Kepala Keluarga (KK) di Sulteng yang akan mendapat bansos beras PKH. Program bansos beras untuk KPM peserta PKH telah di-launching pada awal bulan September 2020 lalu. Untuk mendukung program tersebut, pihak Kanwil Perum Bulog Provinsi Sulteng siap mengalokasikan beras sekitar 2.327 ton per bulan, atau total 6.982 ton untuk 3 bulan. Kemasan beras bantuan tersebut diberi merk khusus, yakni tertulis Bansos KPM PKH.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas