Home Palu

Gubernur Harapkan Peran Pendidikan Tinggi dalam Pemulihan Ekonomi

21
KERJA SAMA - Gubernur H Longki Djanggola menyaksikan penandatanganan kerja sama PT Bank Sulteng dengan Universitas Tadulako di Hotel BestWestren, kemarin (22/10). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)
  • PT Bank Sulteng-Untad Jalin Kerja Sama Pelayanan

Palu, Metrosulawesi.id – PT Bank Sulteng menjalin kerja sama dengan Universitas Tadulako (Untad) dalam rangka pelayanan perbankan kepada seluruh civitas Untad. Kerja sama itu telah resmi dalam sebuah penandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama di Hotel BestWestren, kemarin (22/10).

Acara pendandatanganan MoU dan perjanjian kerja sama disaksikan Gubernur Sulteng H Longki Djanggola. Acara itu dirangkaikan dengan seminar bertajuk “Pemulihan Ekonomi Sulawesi Tengah di Masa Pendemi Covid-19’’.

Gubernur mengapresiasi kerja sama PT Bank Sulteng dengan Untad. Dia berharap kerja sama itu menjadi momentum untuk memelihara kemitraan sinerjik antara lembaga pendidikan tinggi dan lembaga industri keuangan, dalam rangka menyelamatkan ekonomi daerah supaya dapat bertahan di tengah pandemi dengan melakukan adaptasi dan inovasi.

Gubernur mengatakan, tingkat kontraksi ekonomi di Provinsi Sulawesi Tengah tidak sampai separah dengan daerah-daerah lain, berkat kekayaan minerba yang dimiliki dalam menjaga pertumbuhan ekonomi selama pandemi. Tetapi kelebihan tersebut belum cukup berarti untuk mewujudkan inklusi ekonomi, yaitu kondisi pertumbuhan ekonomi yang dapat menciptakan akses dan kesempatan yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat secara berkeadilan, meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kesenjangan antar kelompok dan wilayah di daerah ini.

Gubernur mengharapkan peran institusi pendidikan tinggi dalam percepatan pemulihan ekonomi di Sulteng hendaknya dapat diterapkan sesuai prinsip Tri Dharma Pendidikan yakni dengan intervensi langsung maupun tidak langsung baik dalam jangka pendek maupun jangka menengah dan panjang. 

Direktur Utama PT. Bank Sulteng Rahmat Abd. Haris mengatakan, meski di masa Pendemi Covid-19 dapat diwujudkan kolaborasi kerja sama dengan Universitas Tadulako.

Dalam acara itu Rahmat membeberkan bahwa PT. Bank Sulteng telah mengambil peran dan pemulihan ekonomi nasional dengan peningkatan ketahanan pangan sub sektor perikanan dan pertanian, khususnya peningkatan produksi kacang tanah.  Dia juga mengatakan, PT. Bank Sulteng adalah milik masyarakat Sulawesi Tengah dan saat ini perkembangannya sangat pesat. Saat ini laba Bank Sulteng sudah mencapai 120,57 persen dari target yang ditetapkan dan CAR-nya 26 persen. (ril/*)

Ayo tulis komentar cerdas