Home Ekonomi

BPSK Harapkan Mediasi Dapat Diselesaikan dengan Baik

21
Ketua Sidang mediasi BPSK Kota Palu, Liza Limarni, SP, MSi. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Palu sangat mengharapkan adanya sidang mediasi antara konsumen dan pihak PT Federal International Finance (FIF) Cabang Palu agar dapat diselesaikan dengan cara baik.

“Kami di sini sebagai lembaga untuk memediasi permasalahan dan memutuskan bagaimana solusi dari pemohon dan termohon (konsumen dan FIF). Karena kami sendiri mengharapkan ada pembuktian terbalik dari pelaku usaha,” jelas Ketua Sidang mediasi BPSK Kota Palu, Liza Limarni, SP, MSi, Senin (20/10/2020).

Ia menguraikan sesuai dengan UU no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan wajib bagi pelaku usaha menunjukan pembuktian terbalik. Dijelaskan, idealnya transaksi jual-beli yang berjalan mulus akan mendatangkan kepuasan dan kenyamanan bagi penjual dan pembeli.

“Apapun produk dan layanan yang ditawarkan oleh penjual sebaiknya memuaskan atau memenuhi standar dan ekspektasi para pembeli. Intinya pasal itu juga menjelaskan bahwa pelaku usaha bisa membuktikan dia tidak merugikan konsumen,” paparnya.

 Ia menilai antara konsumen dan pihak PT Federal International Finance (FIF) Cabang Palu sama-sama memiliki kelalaian dalam melakukan transaksi. Di mana konsumen tidak melihat kembali kwitansi pembayaran angsuran yang telah diberikan FIF.

“Tapi, ternyata kelalaian ada di kedua belah pihak. Begitupun FIF tidak dapat menunjukan rekaman CCTV. Kami hanya bisa memberikan solusi, tinggal menunggu hasil kesepakatan bersama,” ucapnya.

Menurutnya, konsumen dan FIF tetap bersikeras dengan keyakinan masing-masing. Pasalnya, kata dia, di dalam BPSK ada yang namanya istilah “sepakat tidak sepakat” atau menemui kata kesepakatan sesuai dengan permintaan termohon dan pemohon.

“Kita berharap di sidang ketiga ada penyelesaian antara kedua belah pihak. Sehingga mediasi ini dapat dinyatakan sukses. Masalah ini sangat disayangkan sekali, apalagi konsumen sudah sekitar belasan tahun jadi mitra FIF,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas