Home Pendidikan

Siswa di Huntara Dapat Wifi Gratis dan Smartphone

27
PEDULI PENDIDIKAN - Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola (kanan) didampingi Ketua OJK Sulteng, Gamal Abd Kahar (kiri) saat memberikan smartphone kepada salah satu siswa di Huntara Hutan Kota, Palu, Senin 19 Oktober 2020. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tengah dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FK-IJK) memberi bantuan sambungan wifi gratis dan 39 unit smartphone kepada anak-anak penyintas korban bencana alam Palu yang kini berada hunian sementara (huntara).

“Layanan internet telah dipasang di beberapa titik lokasi, yaitu Huntara Petobo  sebanyak tiga access point, huntara Sigi dua access point, huntara hutan kota tiga access point, huntara Mamboro satu access point dan satu access point di panti asuhan Al Hidayah,” kata Ketua OJK Sulteng, Gamal Abd Kahar saat penyerahan Wifi tersebut di Huntara Hutan Kota, Palu, Senin 19 Oktober 2020.

Gamal mengatakan, bantuan Wifi gratis tersebut, merupakan sinergitas antara Kepolisian, TNI, Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan Telkom sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dimasa pandemi Covid-19.

Dia berharap bantuan tersebut bisa mengatasi keterbatasan wifi maupun smarphone  bagi anak-anak penyintas bencana agar bisa melaksanakan proses belajar mengajar jarak jauh (Daring).

Pada kesempatan yang sama, Ketua FK IJK Sulteng Rahmat Abd Haris mengungungkapkan, pihaknya senantiasa akan siap memberikan kontribusi di masa yang akan datang dalam rangka kegiatan-kegiatan yang sifatnya sosial.

“Semoga kota Palu bisa sejajar dengan daerah daerah lainnya,” harapnya.

Hal senada juga dikemukakan Kapolda Sulteng Abdul Rakhman. Dia berharap bantuan wifi gratis tersebut dapat mengurangi beban para orang tua siswa terkait permasalahan kuota internet selama pembelajaran secara daring yang diterapkan oleh pemerintah.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang juga hadir pada kesempatan itu mengapresiasi bantuan fasilitas wifi tersebut. Bantuan tersebut merupakan angin segar untuk masyarakat Kota Palu yang tinggal di huntara, yang terdampak pamdemi Covid 19 yang terimabas kepada para pelajar yang terpaksa melakukan pembelajaran secara daring dari rumah.

“Tentunya bantuan wifi gratis dan smartphone ini sangat membantu para orang tua yang terkendala akibat tidak tersedianya akses internet,” kata gubernur.

Gubernur berharap bantuan ini jangan hanya simbolis saja.

“Namun kita harus berupaya menyediakan akses internet yang aman, cepat dan stabil karena saat ini jaringan internet juga menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” jelasnya.

Gubernur meminta kepada anak-anak penyintas, benar-benar memanfaatkan bantuan tersebut untuk keperluan belajar. Dan untuk para orang tua diharapkan bisa mengawasi anak-anaknya dalam menggunakan fasilitas wifi maupun smartphon tersebut. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas