Home Banggai

PT TUN Menangkan Herwin Yatim

33
Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Banggai, Herwin Yatim-Muhtar Labolo. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Bakal pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kabupaten Banggai, Herwin Yatim–Muhtar Labolo menang dalam gugatannya di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Makassar yang diputus pada Senin 19 Oktober 2020. Hal itu disampaikan Ketua DPD PDI Perjuangan Sulteng, Muharram Nurdin, kepada sejumlah wartawan di Palu.

“Sebagai ketua DPD PDI Perjuangan, saya bahagia terhadap keputusan PT TUN tersebut. Ini bentuk keadilan bersifat substansial,” ujar Muharram, Senin 19 Oktober 2020.

Menurut Muharram, putusan terhadap gugatan Herwin Yatim dan Mustar Labolo dibacakan Senin pagi, sehingga belum teregistrasi nomor putusannya.

“Nomor surat belum ada, baru dibacakan tadi,” ujarnya.

Putusan PT TUN tersebut, dibacakan dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim yang menangani gugatan itu. PT TUN Makassar menyatakan menolak eksepsi pihak tergugat yaitu KPU Banggai, serta mengabulkan seluruh gugatan penggugat dan menyatakan batalnya keputusan KPU Banggai Nomor 51/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 tanggal 23 September 2020 tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Banggai tahun 2020.

PT TUN Makassar memerintahkan kepada KPU Banggai untuk segera mencabut SK Nomor 51/PL.02.3-Kpt/7201/KPU-Kab/IX/2020 dan segera menerbitkan keputusan baru tentang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Banggai tahun 2020 yang terdiri atas pasangan Sulianti Murad–Zainal Abidin Alihamu, Pasangan H. Amurudin Tamoreka–Furqanudin Masulili, serta Pasangan Herwin Yatim– H. Mustar Labolo.

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming yang dikonfirmasi terkait putusan itu mengatakan, pihaknya secara resmi belum mendapatkan Salinan dari putusan itu.

“Secara resmi putusan itu belum kami terima. Dan tentu kami akan melaksanakan sesuai aturan yang ada,” ujarnya dilansir dari Sultengnews.com. (*el)

Ayo tulis komentar cerdas