Home Nasional

10 Siswa SMPN 2 Palu Lolos GSI Tingkat Nasional

29
Asisten Pelatih SMP Negeri 2 Palu, Andi Aso. (Foto: Metrosulawesi/ Moh. Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 10 siswa SMP Negeri 2 Palu, Sulawesi Tengah, kembali lolos ke tingkat Nasional pada ajang Gala Siswa Indonesia (GSI).

Asisten Pelatih SMP Negeri 2 Palu, Andi Aso, mengungkapkan, sebenarnya perhelatan GSI ini digelar mulai dari tingkat Kecamatan, serta Kabupaten/Kota. Namun karena adanya pandemi Covid-19, pertandingan sepak bola GSI ditiadakan oleh masing-masing daerah.

“Belum lama ini turun aturan dari pusat, diminta setiap sekolah yang mengikuti GSI mewakili kecamatan, atau Kabupaten/Kota di setiap daerah, untuk mengirimkan video keterampilan atau skill dari pemain bola tersebut,” kata Andi, di ruang kerjanya, Jumat, 16 Oktober 2020.

Menurut Andi, awalnya siswa SMPN 2 Palu yang dimasukan video skill dalam memainkan bola sebanyak 18 orang, setelah terjaring di tingkat provinsi ada 10 siswa yang lolos ke tingkat nasional.

“Sementara yang lainya ikut lolos ke tingkat nasional dari provinsi Sulawesi Tengah, ada lima orang dari salah satu SMP di Sausu Kab Parimo, tiga orang dari SMPN 12 Palu, dan dua orang dari SMPN Madani, jadi totalnya dalam satu tim itu ada 25 orang,” ujarnya.

Andi mengatakan, ada sekitar 50 persen dari SMPN 2 Palu tergabung dalam tim GSI provinsi Sulteng, untuk menuju ke tingkat nasional.

“Kami saat ini tinggal menunggu kepastian dari pusat untuk dimulainya pertandingan tingkat nasional, menurut informasi dari panitia pusat jika November 2020 Covid-19 sudah mulai menurun dan berakhir, maka tentunya para siswa kami bersama tim lainya akan berangkat bertanding dengan provinsi lainya,” katanya.

Namun kata Andi, jika tidak terlaksana kegiatan GSI ini, para pemain yang mewakili provinsi Sulteng tetap akan diberikan dana beasiswa dari pusat.

“Jadi atau tidaknya pertandingan itu,  tetap ada biaya beasiswa dari pemerintah pusat, untuk setiap tim di daerah.  Kami tentunya berharap Covid-19 ini bisa berakhir, sehingga pertandingan GSI kembali digelar secara nasional di Jakarta,” jelasnya.

Menurut Andi, saat ini siswanya tetap dilatih fisiknya namun tidak terlalu sering, karena adanya Covid-19.

“Olehnya itu kami berharap para siswa yang berhasil lolos ke tingkat nasional, tetap menjaga kesehatan, terus melatih fisik meskipun dari rumah, kemudian memakan-makanan yang bergizi, agar tubuh tetap bugar,” ungkapnya.

Siswa SMPN 2 Palu yang berhasil lolos atas nama Ghifary Ch. Nursalam, Adzan Fathurozak Pontoh, Mohammad Ronaldo Fatahilla, Andi Dikan Rizkullah Aufalya, Mohammad Risky, Mohammad Wahyu, Moh. Zidane, Alfaisal Ilham, Rendy Pramudya, Muh. Raidul Rahid Hidayat. (*)

Reporter: Moh. Fadel

Ayo tulis komentar cerdas