Home Pendidikan

Program P3K Bukan Untuk Guru

42
Irwan Lahace. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace, mengeluarkan surat ralat tentang program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di lingkungan Disdikbud Sulteng.

“Surat ralat tersebut ada lima poin penting, diantaranya bahwa rasionalisasi seleksi/rekruitmen pada program P3K tidak dapat dilaksanakan, pengumpulan dokumen/berkas hanya diperuntukkan bagi tenaga honorer di lingkungan Disdikbud Sulteng, termaksud UPT dan Cabang Dinas se-Sulteng dan tidak diperuntukkan bagi para pendidik dan tenaga kependidikan di satuan pendidikan,” jelas Irwan, di Palu, belum lama ini.

Irwan mengatakan, dengan adanya surat ralat ini diharapkan bisa menjelaskan maksud dari tujuan program P3K. Sebenarnya kata Irwan, surat yang keluarkan pertama itu dimaksudkan untuk memetakan semua tenaga honorer yang ada di Disdikbud Sulteng.

“Dengan adanya pemetaan itu barulah kami lihat dengan kemampuan anggaran yang ada, sebab di nomenklatur Kemendagri menjelaskan bahwa nomenklatur anggaran honorer melalui program P3K,” kata Irwan.

Irwan mengatakan, sebelumnya Disdikbud Sulteng telah melaksanakan pemetaan untuk mengetahui analisa kebutuhan, apa saja hal yang dibutuhkan oleh dinas.

“Dari situlah mereka akan mendapatkan jumlah untuk bisa diajukan kepada pihak Gubernur Sulteng,” katanya.

“Program P3K ini merupakan ranah pemerintah pusat yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi melalui gubernur, olehnya itu program ini belum diperuntukkan bagi para pendidik maupun tenaga pendidik di satuan pendidikan,” ujarnya.

Irwan berharap, dengan adanya surat klarifikasi atau ralat tersebut bisa mejelaskan kepada para guru honorer agar tidak berharap dengan program P3K.

“Hal ini juga sempat tersebar di seluruh sekolah bahwa semua tenaga honorer bisa mendaftarkan melalui program P3K yang akan dibiayai oleh pemerintah pusat, sehingga banyak guru langsung mengurus untuk bisa mendapatkan gaji tetap dari pemerintah pusat malalui program P3K. Padahal program tersebut tidak diperuntukkan untuk guru melainkan diperuntukkan bagi para tenaga administrasi di lingkungan Disdikbud Sulteng,” ungkapnya.

Irwan mengaku telah mengimbau kepada seluruh UPT dan cabang dinas untuk bisa mengurus seluruh berkas para honorer untuk bisa secepatnya diajukan ke gubernur.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas