Home Sulteng

JR Sulteng Belum Terapkan SiVERA

22
Alwin Bahar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Jasa Raharja (JR) Cabang Sulteng belum menerapkan Sistem Verifikasi Rawatan (SiVERA). Itu karena pilot project SiVERA untuk wilayah Sulawesi, baru di Jasa Raharja Cabang Makassar.

“Yang baru menerapkan cabang-cabang yang sudah besar, khusus Sulawesi di Jasa Raharja Makassar,” ungkap Kepala Unit Operasional dan Humas Jasa Raharja Sulteng, Alwin Bahar, Minggu, 18 Oktober 2020.

SiVERA sendiri merupakan serangkaian sistem dan prosedur antara Jasa Raharja dan TPA Admedika bertujuan untuk memberikan layanan yang terbaik bagi korban kecelakaan yang diluncurkan pada pertengahan September 2020.

Layanan dimaksud mulai dari proses penjaminan dan layanan perawatan selama di rumah sakit dengan dukungan sistem aplikasi yang dapat dimonitoring aktivitas rawat inap peserta sejak masuk RS hingga keluar.

Alwin mengatakan untuk menerapkan SiVERA harus didukung sarana/prasarana rumah sakit di Sulawesi Tengah. Itu karena sistem tersebut berbasis komputerisasi yang harus terintegrasi mulai proses penjaminan korban sampai pembayaran biaya perawatan.

“Kalau wilayah kita sepertinya masih harus menunggu untuk bisa menerapkan SiVERA,” ucap Alwin.

Dia menyebut keberadaan SiVERA sangat bagus sebagai solusi untuk memverifikasi biaya rawatan korban kecelakaan di rumah sakit secara lebih profesional, tepat, cepat dan prudent sehingga biaya rawat yang diberikan rasional sesuai dengan indikasi medis.

Sementara itu untuk analisis dan verifikasi klaim sesuai dengan indikasi medis, ketentuan dan benefit peserta akan dilakukan oleh tenaga ahli berlatar belakang medis sehingga menghasilkan rekomendasi biaya yang lebih valid.

Melalui implementasi SiVERA, Jasa Raharja berharap manfaat biaya rawat yang diterima korban kecelakaan dapat berjalan optimal, efektif dan tepat. Selain di Makassar, saat ini SiVERA baru diimplementasikan di beberapa Kantor Cabang PT Jasa Raharja yaitu Cabang Utama DKI Jakarta, Cabang Utama Jawa Barat, Cabang Sumatera Utara, Cabang Kalimantan Timur dan Cabang Maluku.

“Menurut saya kalau SiVERA bisa diterapkan di wilayah Sulawesi Tengah sangat bagus. Tapi itu tadi, harus didukung sistem terkomputerisasi di rumah-rumah sakit,” tandas Alwin.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas