Home Palu

Tak Semua Fakultas Terima Beasiswa BI

8
Iskandar. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • IAIN Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Hubungan Kerjasama (Warek III) IAIN Palu, Iskandar, mengungkapkan, pada 2020 ini Bank Indonesia (BI) kembali memberikan beasiswa kepada 50 mahasiswa IAIN Palu, dengan total dana Rp600 juta.

“Kami dari IAIN tentunya mengucapkan banyak terimakasih kepada BI, dan bagi mahasiswa yang menerima harus bersyukur, sebab yang tentukan beasiswa ini dari sisi jumlah penerima, dananya, dan yang menentukan lulus atau tidaknya itu dari BI. Kami dari IAIN hanya menyampaikan ke mahasiswa bahwa ada beasiswa dari BI silahkan memasukan permohonan dan data-datanya,” jelas Iskandar, di ruang kerjanya, Kamis, 15 Oktober 2020.

Setelah itu kata Iskandar, jika sudah terkumpul data mahasiswa dan memenuhi syarat, dilanjutkan seleksi berkas yang dilakukan pihak IAIN dan oleh BI.

“Seleksi baru diumumkan yang lulus menerima beasiswa sebanyak 50 orang. Tidak semua fakultas di IAIN dapat beasiswa dari BI, karena yang tentukan itu adalah pihak pemberi beasiswa,” ujarnya.

Bahkan kata Iskandar, mahasiswa yang dapat beasiswa ini mereka yang tergabung dalam Genbi, sebuah komunitas penerima beasiswa BI.

Sementara itu Sekretaris Pengelola PSBI, Ermawati, mengungkapkan, 50 mahasiswa yang menerima beasiswa BI itu hanya dari tiga fakultas, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dengan dua prodi Syariah dan Perbankan Syariah, dan Fakultas Syariah ada tiga prodi, Hukum Keluarga, Perbandingan Mazhab, dan Hukum Ekonomi Syariah.

“Kemudian untuk Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, ada dua prodi pemikiran politik Islam, dengan Komunikasi Penyiaran Islam, jadi yang menerima beasiswa BI ini dari 7 prodi di tiga fakultas,” jelasnya.

Ermawati mengatakan, mahasiwa yang menerima beasiswa ini diperuntukkan untuk semester empat dan enam.

“Dari total beasiswa Rp600 juta, diberikan perorangan itu sebanyak Rp12 juta, dan biasanya BI berikan dana beasiswa itu secara bertahap Rp6 juta per semester, karena dana tersebut di transfer langsung ke rekening mahasiswa,” ungkapnya.

Ermawati mengaku, awalnya data yang diberikan ke BI 80 hingga 100 orang, namun yang tentukan dari BI sehingga disaring lagi menjadi 50 orang penerima, tentunya IAIN berharap kuota yang diberikan oleh BI bisa bertambah.

“Persyaratan mendapat beasiswa BI ini tentunya harus memiliki IPK 3,70 ke atas, sebenarnya IPK yang ditetapkan hanya 3,25, tetapi mahasiswa IAIN banyak IPK yang 3,25. Jadi agar bisa lebih tersaring lagi kami seleksi IPKnya 3,70, selain persyaratan IPK surat keterangan ekonomi lemah, kemudian aktif kuliah,” katanya.

Kata dia, tujuan BI memberikan beasiswa ini untuk membantu dan sekaligus ingin mengasah skill atau keterampilan para mahasiswa.

Sementara itu, salah satu mahasiswa IAIN Palu, Nurul Azizah Ibrahim, mengaku, penerima beasiswa BI ini persyaratan utamanya itu berprestasi dan kurang mampu. Untuk nilai IPK mahasiswa itu standarnya 3,25.

“Alhamdulillah IPK saya 4,00, dalam mendaftar prestasi yang diutamakan, olehnya itu saya sangat bersyukur bisa mendapat beasiswa tersebut,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas