Home Inspirasi

Content Creator yang Kreatif Promosikan Budaya dan Wisata Palu

14
Azmir Arif, pemilik channel youtube Azpal (Azli Palu). (Foto: Istimewa)
  • Azmir Arif,  Owner  Kanal Youtube Azpal

AZMIR Arif (26), content creator muda asal Palu ini terbilang  berhasil memanfaatkan berbagai platform media sosial menjadi sumber pemasukan, sekaligus wadah menunjukan kreativitasnya. Youtuber yang dikenal melalui channel youtube Azpal (Azli Palu) ini merupakan alumni lulusan SMA Negeri 4 Palu, yang kini berdomisili di Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu.

Azmir mengaku, tujuan utamanya membuat channel youtube adalah untuk mempromosikan budaya dan wisata Kota Palu, yang menurutnya belum begitu dikenal di luar daerah.

“Saya ingat dulu waktu saya sempat tinggal di Kalimantan, sangat sedikit orang-orang disana yang tahu tentang Suku Kaili, makanan-makanan khas Kaili, dan tempat wisata yang ada di Palu juga tidak ada yang tahu. Bahkan masih ada juga yang belum pernah mendengar nama Kota Palu. Maka dari itu, saya bersama teman saya sepakat membuat channel youtube, yang kami beri nama Azpal Channel (Azli Palu). Dengan konten informasi, vlog, dan interview tentang Kota Palu dan Sulawesi Tengah,” ungkapnya.

“Namun sekarang channel youtube-nya saya jalankan sendiri, sebab teman saya sekarang sedang sibuk menyelesaikan kuliahnya,” ungkap Azmir, saat ditemui Metrosulawesi, Rabu malam, 14 Oktober 2020.

Hebatnya, channel youtube milik-nya yang baru berusia satu setengah tahun kini telah mampu mencapai 5.750-an subscriber, dengan jumlah views rata-rata mencapai 500 viewer per video. Angka ini terbilang besar bagi Youtuber yang bukan berasal dari kalangan selebriti, dan juga bukan berasal dari Ibu Kota Negara. Sebab itu, channel youtube milik-nya kini telah memenuhi syarat untuk mendapatkan adsense dari pihak Youtube.

“Tujuan awal Azpal Channel dibuat yah memang untuk informasi tentang Kota Palu. Tapi, Alhamdulillah, video buatan kami juga mendapat respon yang baik dari masyarakat Kota Palu, sampai kami juga bisa dapat adsense. Bahkan tidak sedikit juga viewers kami yang berasal dari luar Sulawesi,” tuturnya.

Uniknya, selain aktif mempromosikan budaya dan wisata daerah melalui Youtube, Azmir juga memanfaatkan akun instagramnya untuk tujuan yang sama. Dengan jumlah followers mencapai 10.200-an, menjadi bukti usahanya dalam mempromosikan daerah asalnya melalui Instagram, yang juga mendapat respond baik dari masyarakat. Dengan jumlah followers sebanyak itu, tak jarang ia juga mendapatkan penawaran promosi dari beberapa brand  product.

Berbekal skill editing video yang ia pelajari secara otodidak, Azmir bahkan sempat diajak bekerjasama dengan Polda Sulteng dalam pembuatan film pendek.

“Kemarin saya sempat diajak bekerjasama dengan Polda Sulteng untuk pembuatan film pendek di Hari Ulang Tahun Bhayangkara. Filmnya bercerita tentang bagaimana realita pandangan masyarakat terhadap tugas Polantas,” ungkapnya.

Kualitas dan prestasi Azmir sebagai content creator di Kota Palu juga telah mendapat pengakuan dari  acara penghargaan Content Creator Festival Palu 2020, pada September lalu. Menariknya, Azmir terbilang salah satu yang paling muda dibandingkan dengan content creator lainnya yang hadir pada acara tersebut.

Azmir mengatakan, melalui penghargaan content creator itu, secara tidak langsung ia telah membuktikan segala keraguan orang terhadapnya sejak memulai menjadi seorang Youtuber.

“Dimasa-masa awal saya mulai ber-youtube, memang banyak sekali yang ragu dengan itu. Banyak yang mencemooh dulu, katanya buat apasih kau bikin-bikin video di youtube begitu, untuk apa?,” ungkapnya.

Pada masa pandemi ini, Azmir mengaku, turut merasakan imbasnya. Terutama dalam usaha jasa editing videonya.

“Gara-gara pandemi ini beberapa tawaran editing video harus terbatalkan juga. Selain itu juga terkendala dalam pembuatan vlog, karena sempat tidak boleh keluar rumah,” ungkapnya.

Azmir pun berpesan, untuk yang tertarik dan ingin memulai menjadi content creator, agar selalu percaya diri, yakin dengan kemampuan diri.

“Kalau orang lain bisa, mengapa kita tidak bisa?. Pokoknya, jangan pedulikan kata-kata orang lain yang mengecilkan semangat kita. Jadikan semua cemoohan itu menjadi tepuk tangan suatu saat nanti, dan yang terpenting, berkaryalah dalam hal yang positif,” ujarnya. (cr1)

Ayo tulis komentar cerdas