Home Inspirasi

Awalnya Terinspirasi Film, Kini Mampu Rakit Robot Disinfektan Otomatis

16
Indra, saat merakit robot sepak bola. (Foto: Istimewa)
  • Indra, Ketua Robotech Tadulako

INDRA (22), pemuda asal Desa Lembasada, Kecamatan Banawa Selatan, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah  ini  mengaku belajar robotika secara otodidak. Dengan semangat dan ketekunannya, akhirnya ragam jenis robot  pun berhasil  dirakitnya, seperti Robot Sepak Bola Beroda, Robot Seni Tari, dan Robot Pemadam Api Berkaki.

Indra mengungkapkan, mulai tertarik dunia robotika sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), terutama usai menonton film  bergenre action fiksi, Terminator, yang merupakan film kesukaannya.

“Saya dulu tahunya robot itu yah hanya dari sering nonton film yang bertemakan robot, seperti Terminator. Tapi setelah saya sering searching-searching tentang pembuatan robot di Youtube, ternyata robot itu tidak sesempit itu pemahamannya,” ungkap Indra, saat ditemui di ruangannya, Minggu, 11 Oktober 2020.

Dari kertertarikannya itu, Indra yang merupakan siswa lulusan SMK, Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 1 Banawa ini memilih untuk melanjutkan ke jenjng kuliah Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tadulako (Untad), mulai 2016. Untuk lebih memperdalam ilmu dan skill-nya merakit robot, Indra pun berhasil masuk komunitas pencinta robot di Untad yakni Robotech Tadulako pada 2017.

Hebatnya, Indra justru telah mampu merakit robotnya sendiri sebelum masuk ke Robotech Tadulako. Bahkan telah sempat mengikuti Kontes Robot Palu atau Palu Robot Contest (PRC) pada 2018.

Selama bergabung di Robotech Tadulako, Indra sempat mengikuti beberapa perlombaan merakit robot tingkat nasional,  seperti Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) 2019, dan di tahun yang sama, Indra pun mampu menduduki peringkat ke-3 pada dua kontes robot sekaligus, yaitu Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) tingkat regional dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) tingkat nasional. Akhirnya, Indra diberi kepercayaan oleh teman-temannya untuk menjabat sebagai Ketua Robotech Tadulako sejak Januari 2020.

Pada masa pandemi ini, Indra bersama tim-nya Robotech Tadulako juga telah banyak melakukan riset hingga merancang beberapa solusi soal cara pemanfaatan fungsi robot dalam membantu mengurangi penyebaran pandemi Covid-19.

“Kami telah melakukan beberapa riset terkait penggunaan hand sanitizer otomatis yang beberapa telah berhasil kami buat dan telah diserahkan kepada pihak Rektorat, yang akan kami cek kembali untuk diperbaiki apabila masih kurang berfungsi secara optimal,” tutur Indra. (cr1/ cr3)

Ayo tulis komentar cerdas