Home Ekonomi

Tugas Kuliah Antar Fadel Buka Usaha Puding Rangers

36
Fadel Muhammad. (Foto: Ist)

PENGALAMANNYA memulai usaha Puding Rangers terbilang unik. Tak kepikiran akan menjadi seorang pebisnis muda, Fadel Muhammad, pemuda kelahiran 24 September 1998  ini mengaku pemicu dirinya memulai usaha karena tugas kuliah yang diberikan kampus.

“Usaha ini mulai saya rintis awal 2018. Awalnya ingin memulai usaha itu karena tugas dari kampus pas saya semester 6, yaitu tugas technopreneurship, dimana tugas itu menngharuskan saya membuka sebuah usaha. Akhirnya ide membuat Puding muncul dari tugas mata kuliah ini. Alhamdulillah sampai sekarang usaha ini tetap saya jalankan dan hasilnya terbilang lumayan,” kata Owner Puding Rangers, Fadel Muhammad melalui ponselnya beberapa waktu lalu.

Bisnis rumahan ini terletak di Jalan Sriwijaya, Kelurahan Besusu Barat. Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Sekolah Ilmu Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Bina Mulia Palu ini mengaku tahu cara membuat puding secara otodidak.

‘’Saya belajar membuat puding secara otodidak.  melalui kanal  youtube,saya mencari referensi  bagaimana cara membuat puding yang benar,lalu saya kreasikan sesuai cara saya sendiri. Saya ingin, puding yang saya buat berbeda dengan puding-puding diluar sana,” ungkapnya.

Pemuda berusia 22 tahunyang juga aktif berorganisasi ini mengaku bisa meraup omset per bulan Rp1,8 juta-Rp2,4 juta.

“Bagi saya itu cukup lumayan ya, karena modal awal membangun usaha ini hanya kurang lebih Rp500.000. Satu cup Puding Rangers sendiri saya patok dengan harga Rp15 ribu dan sudah terjual di Palu, wilayah Pantai Barat dan Pantai Timur”.

Fadel mengaku pemilihan nama usaha puding tersebut terinspirasi dari film superhero Power Ranger.

“Saya  memilih nama Puding Rangers, karena  kata  Rangers sendiri  terinspirasi dari film Power Rangers, ada  power  rangers merah ,kuning, hijau, hitam, saya pun ingin puding yang saya  buat beraneka ragam,  bukan hanya 1 menu saja tapi beragam menu. Allhamdulilah dengan usaha ini, selain membantu ekonomi keluarga,tidak perlu lagi minta uang sama orang tua dan sudah punya uang jajan sendiri,” katanya.

Fadel yang saat ini memasuki tahap akhir kuliah berharap ke depannya, bisnis yang digelutinya tersebut tidak lagi hanya beroperasi di rumah  saja, namun memiliki lahan khusus sebagai lokasi jualan Puding Rangers.

“Untuk generasi milenial yang masih muda yang mau berbisnis pasti ada lika-likunya, dimana kita itu akan down, kalau kita pengen usaha kita lancar, berusaha terus jangan menyerah,” tutupnya. (cr3)

Ayo tulis komentar cerdas