Home Sigi

STQH Sigi Digelar November

49
RAKOR - Rapat persiapan pelaksanaan STQH ke V tingkat Kabupaten Sigi, di Kantor Kemenag Sigi, di Desa Maku, Kecamatan Dolo. (Foto: Istimewa)

Sigi, Metrosulawesi.id – Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) tingkat Kabupaten Sigi, akan dilaksanakan selama empat hari yakni tanggal 4 hingga 7 November 2020. Adapun lokasi pelaksanaan STQH ke V dipusatkan di lingkungan Kantor Kemenag Sigi, di Desa Maku, Kecamatan Dolo.

Demikian dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesramas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Andi Ilham, saat rapat koordiator (Rakor) persiapan pelaksanaan STQH ke V tingkat Kabupaten Sigi, di Kantor Kemenag Sigi, di Desa Maku, Kecamatan Dolo, belum lama ini.

Dijelaskan, STQH ke V akan diikuti peserta dari 16 kecamatan di Sigi. Adapun cabang lomba yang akan di lombakan adalah tilawah, hifzil, tafsir dan hafalan hadits.

“STQH merupakan sarana evaluasi dan bukan tujuan akhir, karena ada tujuan penting yang sebenarnya ingin kita capai dengan pelaksanaan STQH yaitu peningkatan minat generasi muda,  membaca Alqur’an dan pengetahuan dalam upaya membangun mental spiritual masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Pembinaan Mental dan Spiritual Bagian Kesramas Kabupaten Sigi, Muhaimin, mengatakan, dalam rakor tersebut disepakati, setiap kecamatan dapat mengambil peserta dari luar Sigi, akan tetapi hanya dari Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Untuk kecamatan yang mengambil peserta dari luar Sigi mereka harus di rapid test atau di swab.

“Pendaftaran dimulai sejak surat petuntuk teknis (Juknis) pelaksanaan STQH diedarkan dan batas waktu pendaftaran 20 Oktober 2020,” ujarnya. 

Rakor persiapan pelaksanaan STQH ke V tingkat Kabupaten Sigi di hadiri oleh Kabag Kesra Ince Amas, Kasi Haji Kemenag Sigi Abjan Jauhar, Camat atau yang mewakili, KUA dan pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) kabupaten maupun kecamatan.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas