Home Hukum & Kriminal

Langkah Menuju WBK Kian Dekat

Lilik Sujandi. (Foto: Istimewa)
  • Kemenkumham Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Langkah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi (Kemenkumham) Sulteng dan sejumlah satuan kerja menuju zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kian dekat.

Terbaru, Kemenkumham Sulteng melakukan pengecekan progres terkait zona integritas kepada satuan kerja (satker) yang telah diusulkan layak untuk mendapatkan predikat WBK yang dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi Burhazir Zamda, di Palu, Rabu, 7 Oktober 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh satker-satker yang yang telah diusulkan untuk mendapatkan predikat WBK. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi, hadir meninjau progres yang sudah dilakukan satker untuk mencapai predikat WBK.

“Para satker sudah menyampaikan progres yang telah terlaksana, salah satunya dari Lapas Parigi yang melakukan inovasi pembuatan aplikasi berbasis IT yang menunjang pelaksanaan di bidang layanan untuk mencegah Stop Over Staying Tahanan (Stoper),” ujar Lilik, Kamis, 8 Oktober 2020.

Sementara itu, Burhazir mengingatkan kembali perlunya memperhatikan poin-poin dari pada durasi video yang telah ditetapkan dan isi video terkait WBK serta integritas dari aparatur itu sendiri.

Kepala Divisi Keimigrasian, Ari Tri Esthi, menambahkan dengan memberi arahan dan motivasi kepada Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Palu beserta tim untuk menunjukkan kepada pemimpin bahwa walaupun kondisi bangunan Kakanim Palu serba terbatas, tetapi itu tidak menjadi halangan atau kendala untuk menapatkan status predikat WBK.

Sebelumnya, Kepala Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi, telah mengungkapkan keinginannya agar kanwil yang dipimpinnya bisa meraih predikat WBK. Hal itu diungkapkan saat memimpin Rapat Tim Program Kerja (Pokja) Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM, pada Kamis, 1 Oktober.

“Rapat ini membahas gambaran kerangka simulasi dari satu persatu komponen pengungkit zona integritas,” ujar Lilik, selaku penanggungjawab dari Satuan Kerja yang di usulkan menjadi zona integritas menuju WBK.

Keseriusan Lilik agar Kanwil meraih predikat WBK terlihat dalam memonitor langsung kinerja Tim Pokja melalui rapat bersama para Ketua Pokja ZI. Rapat bersama merupakan tindaklanjut setelah minggu lalu Kanwil Kemenkumham Sulteng mengikuti penguatan dari Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Reformasi Birokrasi, Nugroho.

“Saya sangat berharap dengan kerjasama Tim Kerja, para Koordinator atau ketua Pokja kita dari gambaran kerangka ini dapat mengetahui masalah yang terjadi ditiap bidang Pokja, hingga mendapatkan hasil dan pemahaman setelah dilakukan perubahan,” pungkas Lilik.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas