Home Ekonomi

Pelaku Usaha Disarankan Gunakan Teknologi

14
PRODUK LOKAL - Kadis Koperasi dan UKM Sulteng, Eda Nur Ely (kanan) melihat produk usaha kecil yang dipamerkan di ruang pelatihan manajemen usaha, Kamis (8/10). (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)

Palu, Metrosulawesi.id – Sejumlah pelaku usaha kecil di wilayah Kota Palu dan Donggala mengikuti pelatihan manajemen usaha yang digelar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulteng, Kamis (8/10). Kegiatan yang mengikuti protokol kesehatan itu dibuka oleh Kadis Koperasi dan UKM Sulteng, Eda Nur Ely.

Dalam sambutannya Eda mengatakan, sebagai suatu proses mencapai tujuan, manajemen usaha sangat penting diterapkan oleh pelaku usaha meski bersakala kecil. Dia menyebutkan sudah banyak contoh usaha-usaha kecil yang sukses karena menerapkan manajemen usaha yang baik.

Menurutnya, dengan manajemen usaha akan membantu pelaku usaha mengelola dan menjalankan usahanya secara benar dan tepat, sehingga target atau tujuan yang ditetapkan bisa tercapai.

Eda juga mengatakan, di era sekarang dimana pandemi Covid-19 belum diketahui kapan berakhir, maka pelaku usaha perlu menyesuaikan dengan kondisi pandemi maupun perkembangan teknologi digital. Karena itu dia menyarankan pelaku usaha dapat menggunakan teknologi informasi di samping menerapkan manajemen dalam menjalankan usahanya.

‘’Di era sekarang manfaatkanlah teknologi digital untuk memasarkan produk,’’ kata Eda.

‘’Ini penting. Karena itu pelaku usaha perlu beradaptasi dengan perkembangan teknologi maupun dalam kondisi pandemi,’’ tambahnya.

Dalam acara pembukaan kemarin dipamerkan beberapa produk usaha kecil. Misalnya produk penganan yang terbuat dari umbi-umbian dan kacang-kacangan. Ada juga beberapa produk dari hasil laut.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas