Home Parigi Moutong

Dana Bos Afirmasi Tak Kunjung Ditransfer ke Sekolah

36
Adrudin Nur. (Foto: Ist)
  • Diduga Mengendap di BKAD Sulteng

Parimo, Metrosulawesi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tengah, sampai saat ini belum melakukan transfer dana Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi dan Kinerja Tahun 2019 kepada Parigi Moutong. Dana tersebut seharusnya sudah ditransfer ke satuan pendidikan dasar SD dan SMP di Kabupaten Parigi Moutong.

Kepala Disdikbud Parimo Adrudin Nur dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah diperintahkan oleh Disdikbud Sulteng agar manejement BOS kabupaten/kota segera memasukan perubahan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKS) untuk sekolah-sekolah penerima dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019.

Akan tetapi, kata dia hingga saat ini kejelasan kapan dana itu di transfer ke rekening sekolah Penerima itu belum ada kejelasan dari pihak Disdikbud Provinsi Sulteng.

“Saya selaku Kepala Disdikbud Parimo menyurat ke kepala Disdikbud Provinsi Sulteng terkait dengan Penyaluran Dana BOS Afirmasi dan BOS kinerja tahun 2019 kapan untuk mereka salurkan. Karena yang kita takuti, bahwa saat ini sekolah kita di Parimo ini banyak dan wilayah kita jauh sekitar 472 kilometer. Untuk itu, kita sangat berharap di situasi injuritime ini agar pihak Disdikbud Provinsi Sulteng segera mentransfer dana tersebut ke sekolah penerima,” ungkap Adrudin Nur kepada Metrosulawesi di ruang kerjanya, Rabu 7 Oktober 2020.

Lanjut dia, sekolah penerima dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 sudah melakukan perubahan RKS. Akan tetapi dana tersebut belum juga ditransfer ke rekening mereka.

“Sehingga harapan kami selaku Dinas Pendidikan dan kebudayaan Parimo, sangat berharap agar pihak Disdikbud Provinsi Sulteng segera mentransfer dana tersebut ke sekolah penerima. Sebab, pihak sekolah penerima sudah melakukan perubahan RKS,” tutur Adrudin.

Menurutnya, bahwa pihaknya menyurat ke kepala Disdikbud Provinsi Sulteng itu sejak tanggal 25 September 2020. Apalagi batas penggunaan anggaran tersebut berakhir di tahun ini. Jika dana tersebut belum juga ditransfer ke rekening sekolah penerima Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 pihak sekolah penerima itu akan kesulitan. Sebab, mereka sudah mengubah RKS untuk pencairan Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 itu.

“Baru-baru ini saya melakukan koordinasi dengan Kepala Disdikbud Provinsi Sulteng, beliau menyampaikan agar kami menyurati mereka, supaya ada dasar mereka (Disdikbud Provinsi Sulteng) untuk menyampaikan ke BPKAD Provinsi Sulteng. Sebab, dana tersebut kata Kepala Disdikbud Provinsi Sulteng bahwa dana tersebut mengendap di BPKAD Provinsi, Dana tersebut mengendap di BPKAD Provinsi sudah satu tahun,” terang Adrudin.

Adrudin berharap, agar dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 untuk sekolah penerima di Parigi Moutong itu agar segera ditranfer di rekening sekolah penerima itu.

“Sebab, Dana BOS Afirmasi dan BOS Kinerja Tahun 2019 itu sangat dibutuhkan oleh pihak sekolah penerima, karena itu akan mereka pertanggung jawabkan pada akhir tahun. Jika dana tersebut tidak ditranfer di rekening sekolah penerima, menyebabkan laporan keuangan kita akan kacau balau,” tutur Adrudin.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas