H Achrul Udaya. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Tengah menyambut baik UU Cipta Kerja (Ciptaker). UU tersebut dinilai sangat baik untuk iklim investasi.

Ketua Apindo Sulteng, H Achrul Udaya SH mengatakan, kehadiran UU Cipta Kerja tersebut dapat menarik minat investor luar untuk menanamkan investasinya di Indonesia.

Tidak itu saja menurutnya, kehadiran UU Cipta Kerja juga akan berdampak baik buat dunia usaha. Termasuk bagi pekerja.

“Bila dipandang dari sisi dunia usaha, indeks saham telah mengalami kenaikan sejak ditetapkan undang-undang itu. Sementara, kalau di dalam penyerapan tenaga kerja ini cukup baik karena ada beberapa hal yang memudahkan dalam berinvestasi,” ucapnya.

Sebelum disahkan UU tersebut katanya, sudah melalui uji publik. Semua pihak sudah terlibat ikut merancangnya. Kepentingan pekerja dalam undang-undang itu pun sudah terakomodir.

Misalnya kata Achrul soal upah. Di Omnibus Law, upah minimum provinsi, kabupaten dan kota tetap dibahas di tingkat daerah. Bahkan, ia menyebutkan terkait dengan pasangon para pekerja juga diakomodir dalam undang-undang itu.

“Memang ada sebagian yang pasti tidak terpuaskan adanya Omnibus Law. Kalau ada hal yang tidak disetujui, mari kita selesaikan melalui konstitusi, yakni ajukan judicial rewiew di MK,” katanya.

Dirinya berharap agar seluruh stakehoders di Sulawesi Tengah memberikan dukungan terhadap iklim berinvestasi, hingga bisa menumbuhkan perekonomian dan terus berupaya bangkit dari keterpurukan akibat bencana alam 28 September 2018 silam.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas