Home Hukum & Kriminal

Kejati Sulteng Nyatakan Berkas Perkara YB P21

66
Kepala Seksi (Kasi) Penkum dan Humas Kejati Sulteng, Inti Astutik. (Foto: Ist/ kabarselebes)

Palu, Metrosulawesi.id Jaksa Penuntut Umum (JPU),  Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulteng, akhirnya  menyatakan berkas perkara tersangka Yahdi Basma telah lengkap atau P21. Dengan diterbitkannya P21 ini,  tidak lama lagi, kasus itu, sampai ke meja hijau.

Kepastian prkra yang menjerat anggoa DPRD Sulteng, Yahdi Basma (YB), disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Penkum dan Humas Kejati Sulteng, Inti Astutik, pada wartawan media ini, Selasa (6/10/2020)  sore.

“Sudah P- 21. Ini telah disampaikan ke penyidik Polda Sulteng,” ujar Inti Astutik.

Dikatakannya, YB merupakan tersangka kasus dugaan tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik dengan korban Longki Djanggola atau Gubernur Sulteng. Diketahui, penyelidikan dan penyidikan kasus tersebut berlangsung cukup lama. Sejak YB  ditetapkan tersangka pada Kamis 25 Juli 2020 oleh penyidik hingga berkasnya dinyatakan lengkap oleh Kejati Sulteng, berkasnya tujuh kali bolak balik untuk dilengkapi.

Bahkan kasus itu dua kali diajukan praperadilan, baik oleh YB  maupun oleh Longki Djanggola. Praperadilan diajukan YB yang teregister Nomor: 6/Pid.Pra/2019/PN Pal dengan termohon Polda Sulteng, terkait sah atau tidaknya penetapan tersangka. Namun permohonan praperadilan tersebut ditolak oleh PN Klas IA/PHI/Tipikor Palu.

Sementara permohonan praperadilan diajukan Longki Djanggola yang teregister Nomor 5/Pid.Pra/2020/PN Pal dengan termohon termohon I Direktur Reskrimsus Polda Sulteng dan termohon II Kepala Kejati Sulteng, terkait sah tidaknya penghentian penyidikan perkara tersangka YB, sebaliknya dinyatakan diterima untuk sebagian. Dimana hakim pra menyatakan SP3 yang diterbitkan penyidik Polda Tidak Sah.

Reporter: Sudirman

Ayo tulis komentar cerdas