Home Sulteng

Kakanwil Sosialisasikan Kebijakan Pembatalan Haji 2020

37
SAMBUTAN - Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke, saat menyampaikan sambutan secara virtual di kegiatan bidang PHU Kabupaten Tolitoli, belum lama ini. (Foto: Humas Kemenag Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Rusman Langke, mengatakan, pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini dibatalkan karena wabah Covid-19. Alasan pembatalan haji juga sebagai upaya memberikan perlindungan bagi jemaah haji.

“Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 menjelaskan bahwa penyelenggaraan ibadah haji tidak hanya dilakukan oleh Kemenag saja, tapi juga bersama dengan kementerian/lembaga, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota, sehingga harus ada sinergitas dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji, ” kata Rusman, saat mengikuti kegiatan secara virtual yang dilaksanakan oleh Kemenag Kabupaten Tolitoli, belum lama ini.

Rusman mengingatkan, bahwa Kemenag sejak 1 Juni 2020 telah mengeluarkan regulasi atau Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 494 Tahun 2020 terkait Pembatalan Ibadah Haji Tahun 2020 dengan pertimbangan yaitu keselamatan bagi jemaah haji, terjaminnya kesehatan, keselamatan dan keamanan jemaah haji, dan menjaga keselamatan jiwa jemaah haji.

“Sehingga langkah dari Kanwil Kemenag Sulteng menyikapi PMA Nomor 494 Tahun 2020 adalah menyampaikan kebijakan pembatalan tersebut kepada Kemenag kabupaten/kota untuk disosialisasikan pada jemaah haji, ” katanya.

Rusman sangat mengapresiasi, kegiatan ini dilaksanakan oleh bidang PHU Tolitoli karena sangat menerapkan protokol Covid-19.

“Olehnya itu saya berharap untuk menjaga kesehatan dengan aman, iman, dan imun. Dalam artian aman yakni gunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Iman yaitu shalat, berzikir, berdoa dan baca Qur’an, sedangkan Imun yaitu makan makanan yang bergizi dan olahraga,” jelasnya.

Kegiatan virtual itu turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tolitoli, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulteng , Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tolitoli, Kabag Kesra Tolitoli, Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Tolitoli, Tenaga Ahli Komisi VIII DPR RI, serta di ikuti Kepala KUA se Kabupaten Tolitoli, Penyuluh Agama PNS dan Non PNS, Tokoh agama dan Jemaah haji Kabupaten Tolitoli. 

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas