Home Nasional

Lagi, Palu Ketambahan Enam Pasien Positif

22
Ilustrasi Covid-19. (foto: ist)
  • Asrama Transit Haji dan Diklat Sulteng Diusulakn Jadi RS Darurat

PALU, Metrosulawesi.id – Pasien baru terkonfirmasi positi virus Corona atau Covid-19 di Sulawesi Tengah, kembali bertambah. Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), merelease perkembangan terbaru penanganan Covid-19 di Sulteng pe hari ini, Senin (28/9/2020), total pasien positif di Sulteng sebanyak 393 orang.

            Juru bicara Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, Haris Kariming, dalam release yang diterima Metrosulawesi.id, menyebutkan, adanya ketambahan enam pasien baru, merupakan warga Kota Palu. Adanya pasien baru ini pula, jumlah pasien tertular virus Corona, maka Satgas Penanganan Covid-19 Kota Palu, kini menangani   64 pasien.

            Pasien terkonfirmasi positif di Kota Palu menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan menjalani karantina secara mandiri. Di RSUD Anutapura Palu tercatat 19 pasien, di RSUD Undata Palu sebanyak 10 pasien, di RSUD Madani Palu dirawat 13 pasien, di RS Darurat (LPMP) sebanyak 13 pasien. Sedang yang memilih karantina  secara mandiri sebanyak sembilan pasien.

            Masih dalam release Pusdatina Covid-19 Sulteng, selain adanya ketambahan pasien baru positif, dipaparkan pula ketamabahn pasien yang sembuh dari Covid-19. Kasus komulatip sembuh dari Covid-19 di Sulteng kini berjumlah 250 orang, setelah adanya ketambahan tiga pasien sembuh dari Kabuipaten Banggai.

Jumlah keseluruah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan karantina mandiri, tercatat 128 pasien. Sedang laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi saat ini tengah memproses sebanyak 460 sampel.

Sumber Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Sementara itu, hasil Rakon dengan  Gubernur  Sulteng, Drs. H. Longky Djanggola M.Si, DanRem 132 Tadulako dan  Kapolda Sulteng, .mencermati kondisi makin tingginya angka kenaikan pasien terkonfirmasi positif, maka diputuskan beberapa poin penting dalam penanganan pandemic Covid-19 di Sulteng.

Salah satu keputusan yang dihasilkan dalam rakon tersebut, diantaranya  Pemerintah Kota Palu mengusulkan Asrama transit Haji Palu dan Diklat Provinsi Sulteng dijadikan rumah sakit darurat.

Usulan kedua tempat sebagai rumah sakit darurat untuk perawatan bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala. Sementara RSUD Anutapura, RSUD Undata dan RS Madani, tetap sebagai perawatan pasien terkonfirmasi positif berat. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas