Home Palu

Palu Disarankan Berlakukan PSBB atau Karantina Wilayah

47
ILUSTRASI - Covid-19.(Foto: Ist/ pikiran rakyat)
  • Palu Enam Positif, Satu Meninggal, Donggala dan Poso Masing_masing Tiga Positif

Palu, Metrosulawesi.id Jumlah pasien baru positif virus Corona atau Covid-19 di Sulawesi Tengah, terus bertambah. Data terbaru yang dipublikasikan Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, Rabu (23/9/2020) mencatat 14 warga Sulteng kembali tertular virus Corona.

Dari 14 pasien baru positif itu, satu pasien dilaporkan meninggal dunia. Pasien yang meninggal akibat terkonfirmasi positif Covid-19, merupakan warga Kota Palu. Dengan ketambahan pasien meninggal ini, maka jumlah warga Sulteng yang meninggal akibat Covid-19 menjadi 14 orang.

Juru bicara Pusdatina Covid-19 Sulteng, Haris Kariming, dalam release yang diterima Meterosulawesi.id, menyebutkan, Kota Palu kembali menyandang predikat zona merah. Hal ini data terbaru, Kota Palu   kembali menjadi penyumbang terbanyak pasien baru terjangkit virus Corona.

Data yang dipublis Pusdatina Covid-19 Sulteng, Kota Palu mencatat enam warganya menjadi pasien baru positif Covid-19. Dari enam pasien baru itu, satu diantaranya meninggal dunia. Kabupaten Donggala yang juga masuk kategori zona merah, mencatat ketambahan tiga pasien baru. Ketambahan yang sama juga terjadi di Kabupaten Poso dengan jumlah pasien baru yakni tiga orang.

Kabupaten Morowali Utara, data pada Pusdatina Covid-19 Sulteng, mencatat dua warganya terkonfirmasi positif. Dengan ketambahan positif Covid-19, maka kasus komulatip positif di Sulteng kini menjadi 344 orang.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Lonjatan pasien baru sejak sepekan di Kota Palu, membuat Gubernur Sulteng, Longky Djanggola,  pada Rapat Koordinasi Penerapan Disiplin Protokol Kesehatan Covid -19, bersama  Bupati /Walikota Palu dan Unsur Forkopimda masing -masing yang dilaksanakan secara virtual, meminta Wali Kota Palu agar dapat mengajukan Pemberlakukan PSBB atau Karantina Wilayah kepada Pemerintah Pusat.

Usulan untuk mengajukan pemberlakukan PSBB, mengingat jumlah pasien  mengalami kenaikan konfirmasi positip Covid-19 yang signifikan. Data pada Pusdatina Covid-19 Sulteng, saat ini, Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kota Palu menangani 32  pasien positif virus Corona. Di RSUD Anutapura Palu 14 pasien, RSUD Undata Palu 6 pasien dan RSUD Madani Palu 12 pasien.

Di Kabupaten Donggala, sehari sebelumnya merawat 22 pasien, kali ini bertambah menjadi 25 pasien. Dari 25 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, tujuh pasien memilih menjalani perawatan secara mandiri di rumah.

Pusdatina Covid-19 Sulteng, update yang di release, juga menyebutkan dua warga Kota Palu dinyatakan sembuh dari Covid-19. Praktis warga Sulteng yang sembuh usai menjalani perawatan Covid-19, kini menjadi 240 orang.

Sementara itu, warga Sulteng yang menjalani perawatan Covid-19, baik dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Palu dan kabupaten-kabupaten di Sulteng, tercatat sebanyak 90 orang. Sedang Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, memproses 198 sampel. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas