Home Politik

KPU Batasi Peserta Pengundian Nomor Urut

41
Tanwir Lamaming. (Foto: Metrosulawesi/ Syamsu Rizal)
  • Paslon Teken Pakta Integritas Patuh Prokes

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah membatasi jumlah orang yang hadir pada saat pengundian nomor urut pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah. Masing-masing pasangan calon hanya boleh didampingi empat orang ditambah istri.

Ketua KPU Sulawesi Tengah, Tanwir Lamaming mengatakan, yang boleh masuk dalam ruangan adalah pasangan calon, tim kampanye atau gabungan partai politik 2 orang, serta saksi/liaison officer (LO) 2 orang.

“Masing-masing enam orang saja yang bisa masuk dalam ruangan, termasuk pasangan calon. Istri pasangan calon juga bisa masuk dalam ruangan,” tegas Tanwir Lamaming kepada Metrosulawesi, Selasa 22 September 2020.

Pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah akan dilaksanakan pada Kamis 24 September 2020 di kantor KPU Sulawesi Tengah. Dijadwalkan pengundian dilaksanakan pada pukul 09.00 Wita.

“Setelah pengundian nomor urut dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah,” kata Tanwir Lamaming yang mantan ketua KPU Morowali Utara.

Pakta integritas, kata dia intinya merupakan komitmen pasangan calon patuh dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 dalam setiap tahapan pemilihan serentak 2020. Penandatanganan pakta integritas tersebut merujuk pada surat KPU.

“Penandatanganan pakta integritas juga harus dilaksanakan pasangan calon bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota,” kata Tanwir.

Pada hari yang sama, setelah pengundian nomor urut dan penandatanganan pakta integritas, dilanjutkan dengan deklarasi kampanye damai. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Deklarasi kampanye damai yang dilaksanakan di pelataran kantor KPU Sulawesi Tengah akan menghadirkan forum komunikasi pimpinan daerah (forkompinda) dan masing-masing satu orang perwakilan partai politik.

“Berharap semua yang terlibat, mari kita sama-sama melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Patuhi, jangan lagi ada arak-arakan,” ujar Tanwir Lamaming.

Sementara itu, hari ini, Rabu 23 September 2020, KPU Sulawesi Tengah dijadwalkan melaksanakan rapat pelno penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Tengah. Setelah diumumkan di laman website dan papan pengumuman KPU Sulawesi Tengah, surat keputusan tersebut selanjutynya diserahkan kepada LO pasangan calon.

“SK penetapan pasangan calon ini diserahkan kepada LO. SK ini akan digunakan untuk membuka rekening khusus dana kampanye di bank,” jelas Tanwir Lamaming.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas