Home Palu

TK Tak Diwajibkan Pembelajaran Tatap Muka

41
Rossidah. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PAUD/DIKMAS, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Rossidah, mengatakan, meskipun telah ada surat edaran tentang pembelajaran tatap muka pada masa pademi Covid-19 sudah dibolehkan, khusus untuk jenjang SMP dan SMA, tetapi untuk jenjang SD dan TK belum diwajibkan.  

“Jadi TK sekarang sistem pembelajarannya secara daring, dan juga luring, guru yang mengunjungi rumah peserta didik,” kata Rossidah, saat ditemui Metro Sulawesi di kantornya, Kamis, 10 September 2020.

Dalam pembelajaran luring ini, kata Rossidah, guru yang mengunjungi rumah peserta didik tidak boleh mengumpulkan siswa banyak-banyak, sesuai aturan minimal lima orang lebih dari itu tidak dibolehkan.

“Terkait pembelajaran tatap muka di jenjang TK menurut informasi rencananya itu Januari 2021, tetapi kami tetap masih menunggu edaran selanjutnya dari pemerintah, agar dalam melaksanakanya proses belajar mengajar tidak salah langkah,” ujarnya.

Rossidah mengatakan, kunjungan guru ke rumah siswa telah terjawadlah, terkadang ada seminggu dua kali pertemuan, hal ini tergantung kesiapan dari anak tersebut, karena biasanya ada peserta didik yang belum siap, karena berbagai hal seperti sakit dan alasan lainya.

“Untuk jumlah TK di Palu sebanyak 157, hanya dua TK yang berstatus negeri yakni TK Pembina Palu Utara, dan TK Pembina Mantikolore, selebihnya swasta,” ungkapnya.

Rossidah berharap, siswa TK tidak melupakan pembelajaran yang biasa disampaikan di sekolah, seperti menghafal ayat-ayat suci Al-Quran, kemudian adap sopan santun sebelum mulai belajar, makan berdoa dulu, serta lainya.

“Jangan sampai anak-anak itu lupa dengan doa-doa itu, sebab di TK tidak belajar membaca, tetapi karakter peserta didik telah diajarkan agar saling menghormati,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas