Home Politik

Kepemimpinan Bung Cudy tak Diragukan

47
BERTEMU CAGUB - Relawan Sangmaneta saat silaturahmi dengan calon Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura (kedua dari kiri), Selasa, 15 September 2020 lalu. (Foto: Istimewa)
  • Relawan Sangmaneta Dukung Rusdy Mastura-Ma’mun Amir

Palu, Metrosulawesi.id – Para pemuka tokoh masyarakat dan pemuda Toraja di Sulawesi Tengah yang tergabung dalam Relawan Sangmaneta bersepakat untuk mendukung pasangan calon Gubernur (cagub) dan wakil Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura (Bung Cudy)- Makmun Amir dalam Pilgub tahun ini. Silaturahmi dengan Rusdy Mastura sebagai bentuk dukungan ini pun digelar di Warkop Tungku, Jalan Tanjung 1, Selasa, 15 September 2020.

“Sangmaneta dalam Bahasa Indonesia artinya Teman Kita, Sahabat Kita, atau Saudara Kita tanpa melihat ras. Sangmaneta adalah relawan yang dibentuk oleh sebagian diaspora Toraja yang berdomisili di Sulawesi Tengah, dimana kami pun bersepakat untuk mendukung pasangan Rusdy Mastura-Makmun Amir dalam kontestasi pilgub Sulteng tahun ini,” kata Bendahara Relawan Sangmaneta, Samuel Riga, Kamis, 17 September 2020.

Kata dia, bukan tak beralasan Sangmaneta memilih dukungannya ke Rusdy Mastura-Makmun Amir.

“Pada pertemuan kami dengan Bung Cudy beberapa waktu lalu, beliau mengungkapkan bagaimana dirinya bersama keluarganya dekat dengan para orang tua kami, baik beliau waktu di Donggala dan Kota Palu. Bung Cudy mengatakan dirinya sering diajak orang tuanya berkunjung ke rumah tokoh-tokoh Toraja pada waktu itu, dan uniknya beliau masih ingat sampai sekarang. Ini menandakan beliau tidak asing lagi dengan kami,” kata Samuel.

“Dan juga, kalau mau jujur, kompetensi kepemimpinan Bung Cudy dan Makmun Amir tidak diragukan lagi. Bung Cudy kita tahu dua periode Wali Kota Palu, pernah menjabat Ketua DPRD Palu, di partai dan ormas pun kinerjanya apik. Makmun Amir pun pernah menduduki jabatan Bupati Banggai. Jadi tak ada alasan kami tidak mendukung Rusdy Mastura-Makmun Amir di kontestasi pilgub tahun ini,” ungkapnya.

Samuel Riga. (Foto: Istimewa)

Selain itu, dalam visi-misi Rusdy Mastura-Makmun Amir terdapat poin pengembangan generasi muda menjadi tenaga siap pakai melalui sekolah-sekolah kejuruan.

“Hal ini sangat sejalan dengan keinginan kami di Relawan Sangmaneta, dimana kami ingin membangun generasi muda Toraja di Sulteng kreatif, inovatif, cakap, dan terampil. Pemanfaatan Sekolah kejuruan yang digaungkan Rusdy-Makmun dalam visi-misinya itu sejalan dengan keinginan kami,” katanya.

Samuel mengatakan, Sangmaneta yang terdiri dari sebagian besar warga Toraja di Sulteng berkomitmen akan bekerja keras mendukung pasangan Rusdy Mastura-Makmun Amir.

“Kami akan bekerja dan berjuang keras untuk memenangkan pasangan Rusdy-Makmun dengan tulus ikhlas tanpa pamrih. Pasangan ini sudah sangat berpengalaman dalam memimpin daerah,” tegasnya.

Samuel mengungkapkan, Relawan Sangmaneta diisi oleh tokoh-tokoh masyarakat Toraja yang telah lama berdomisili di Sulawesi Tengah.

“Alhamdulillah, banyak tokoh-tokoh senior yang memang terlibat dari awal pembangunan Sulawesi Tengah gabung bersama kami. Hal ini menjadi penyemangat kami yang meuda-muda dalam memberikan support terbaik kepada Rusdy-Makmun dalam pilgub,” katanya.

Samuel menambahkan Relawan Sangmaneta dinahkodai oleh Tokoh Masyarakat Toraja Sulteng, Purn. AKBP. A Rangan, S.Sos.

“Dalam waktu dekat ini kami akan tetapkan Sekretariat Relawan Sangmaneta yang kemungkinan besar berada di Jalan Dewi Sartika,” katanya.

Reporter: Yusuf Bj
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas