Home Banggai

Gubernur Resmikan Tiga Pasar

25
RESMIKAN PASAR - Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M,Si. (tengah) didampingi Bupati Banggai Herwin Yatim, meresmikan tiga pasar di Banggai di Lokasi Pasar Pagimana, Kamis 17 September 2020. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur Sulteng, H Longki Djanggola meresmikan tiga pasar rakyat di Kabupaten Banggai, Kamis 17 September 2020. Pembangunan ketiga pasar tersebut menghabiskan anggaran belasan miliar rupiah.

Pembiayaan berasal dari dana APBN Kementerian Perdagangan itu masing-masing, untuk Pasar Pagimana Rp6,1 miliar lebih, sementara Pasar Sidang Sari dan Pasar Sumber Mulya masing-masing Rp3,8 miliar lebih.

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki mengapresiasi atas selesainya pembangunan ketiga pasar rakyat tersebut.

“Kami mengharapkan semoga keberadaan pasar rakyat dengan wajah yang baru ini dapat berfungsi sebagai salah satu akselerator, penggerak kemajuan perekonomian daerah dan masyarakat,” kata gubernur.

Gubernur mengatakan, pasar merupakan sarana vital yang diperlukan masyarakat untuk mempermudah memasarkan hasil pertanian, perikanan, kerajinan dan sebagainya. Oleh karena itu, pasar rakyat yang baru dibangun ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah daerah dalam menghadirkan fasilitas perekonomian yang makin memadai di provinsi sulawesi tengah, khususnya di kabupaten Banggai.

“Untuk itu, saya mengajak, ayo kita sama-sama merawat dan memeliharanya. Terutama saya minta supaya dijaga betul kebersihan, keindahan dan kerapihan penataannya, agar kesan pasar tradisional yang kumuh, kotor dan jorok bisa dihindari,” pinta gubernur.

“Saya minta kepada pengelola agar menjaganya dengan baik, jangan sampai terjadi aksi-aksi kriminalitas, konflik antar pedagang, monopoli dagang, dan juga kesewenang-wenangan oknum yang suka memungut iuran-iuran ilegal, yang kesemua hal ini dapat mengganggu aktivitas pelaku ekonomi dalam berusaha,” tambah gubernur.

Ikut mendampingi gubernur pada peresmian ketiga pasar itu, Bupati Banggai Bupati Banggai Herwin Yatim dan wakilnya Mustar Labolo, serta pejabat setempat. (*)

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas