Home Banggai Kepulauan

Pemda Bangkep Diminta Realisasi Peningkatan Jalan di Leme-Leme Darat

32
Ruas jalan di Desa Leme-Leme Darat yang diminta warganya agar mendapat perhatian Pemda Bangkep. (Foto: Metrosulawesi/ Rifan Touk)

Bangkep, Metrosulawesi.id Kepala Desa Leme-Leme Darat, Kecamatan Buko, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Wely Siako, meminta pemerintah daerah (Pemda) merealisasi aspirasi warga terkait peningkatan jalan yang menghubungkan antara dusun Kokolomboi, dengan dua dusun lain di desanya.

Bukan tanpa alasan, Wely mengungkapkan, selama ini pihaknya telah berkali-kali menyampaikan hal itu kepada pemda dalam berbagai kesempatan. Tapi sampai hari ini pun, permintaan itu belum juga direalisasi.

“Di beberapa kegiatan musrembang kabupaten yang saya ikuti, saya pasti sampaikan itu. Dan saya lihat permintaan itu dicatat. Tapi apa boleh buat, kita hanya bisa menyuarakan” kata Wely kepada Metrosulawesi.id, awal pekan kemarin.

Bahkan Bupati pun akhir tahun 2019 lalu, lanjut Wely, sempat dihadirkan dalam kegiatan musyawarah besar lembaga adat di sana. Pastinya  bupati sudah menyaksikan langsung kondisi jalan sepanjang 5 kilo meter itu.

“Warga pastinya senang bupati bisa datang dan menyaksikan langsung kondisi jalan yang ada. Dengan begitu warga percaya bahwa bupati bisa memerintahkan instansi terkait untuk melakukan perbaikan” ujar Wely.

Padahal kata dia, disanalah salah satu aset besar Bangkep berada, yakni Taman Kehati Kokolomboi yang notabenenya didatangi wisatawan asing setiap saat.

warga setempat pun, tidak ingin agar jalan itu sepenuhnya diaspal.

“Mereka hanya ingin setengah dari pajang jalan itu yang diaspal, selebihnya dirabat saja. Karena mereka tidak mau area hutan Kokolomboi banyak terganggu aktifitas manusia yang berpotensi mengganggu kelestarian Taman Kehati Kokolomboi”

Akibatnya, kelancaran aktifitas ekonomi warga banyak yang terganggu. Olehnya itu warga sangat berharap agar pemerintah segera merealisasi peningkatan jalan itu. Untuk memudahkan aktiftas warga terutama di sektor ekonomi. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas