Home Banggai Kepulauan

‘Jemput Bola’ ala Dukcapil Bangkep

51
Plt. Kepala Dinas Dukcapil Bangkep, Harly A. Massenge. (Foto: Metrosulawesi/ Rifan Touk)
  • Buka Layanan Pengurusan Administrasi Kependeudukan Hingga ke Desa

Bangkep, Metrosulawesi.id – Upaya peningkatan kualitas pelayanan masyarakat terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep). Salah satu programnya yaitu membuka layanan ke setiap wilayah kecamatan, alias ‘jemput bola’

Kepada Metrosulawesi.id, Jumat  (11/9/2020), Plt. Kepala Disdukcapil Bangkep, Harly A. Massenge mengatakan, program ‘jemput bola’ ini dilaksanakan di 12 kecamatan se-Kabupaten Bangkep, 141 desa dan 3 kelurahan, Jemput bola yang dilakukan  untuk menjawab kebutuhan warga Bangkep dalam kepengurusan administrasi kependudukan, terutama bagi yang terkendala ongkos dan jarak.

“Dimaklumi, masih banyak warga yang belum memiliki surat-surat kependudukan secara lengkap, karena terkendala jarak dan biaya. Untuk itu, program ini dibuat” kata Harly yang belum setahun dipercaya sebagai Plt Kadis Dukcapil itu.

Menurut Harly, selain bertujuan memudahkan masyarakat dalam kepengurusan adminstrasi kependudukan berupa KTP, Kartu Keluarga, dan Akte Kelahiran,   tujuan lainnya  adalah mensosialisasikan bagaimana pentingnya administrasi penduduk bagi

Olehny itu, lanjut Harly, melalui program ini,  pihaknya telah mematok persentase capaian target keberhasilan yang cukup tinggi yakni, untuk pengurusan KTPel 100 persen, Kartu Keluarga 95 persen, dan akta kelahiran 90 persen.

“Kita telah memulai program ini sejak l 26 Agustus lalu. Rencananya akan diakhiri  30 September. Petugas juga sudah menyelesaikan tugasnya di beberapa kecamatan. Insya Allah semoga sampai waktunya selesai program ini tetap lancar,’’ urai Harly.

Diharapkan Harly, semoga dengan program yang disebutnya ‘jemput bola’ ini, permasalahan administrasi kependudukan masyarakat segera terselesaikan. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas