Home Banggai Kepulauan

Selangkah Lagi Honorer Bangkep Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Bappeda-Litbang Bangkep, Moh Aris Susanto. (Foto: Metrosulawesi/ Rifan Touk)

Bangkep, Metrosulawesi.id Selangkah lagi para tenaga honores yang mengabdi di Pemerintahan Banggai Kepulauan (Bangkep) menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ribuan honorer ini didaftarkan Pemda Bangkep dengan menggunakan APBD 2021.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Bangkep, Moh Aris Susanto memastikan besaran APBD yang dianggarkan pemerintah setiap tahun untuk BPJS Ketenagakerjaan ini hampir mencapai 230 juta setiap tahunnya.

“Setelah disahkan, anggaran itu disepakati akan dititp ke BPKAD, Supaya proses pembayarannya satu pintu. Dengan begitu pihak BPJS tidak harus keliling ke OPD untuk menagih, cukup ke satu instansi yang ditunjuk pemerintah, yaitu BPKAD,” terang Aris kepada Metrosulawesi.id, Rabu (9/9/2020)

Aris menjelaskan, selain tenaga honorer, Aparat Pemerintah Desa (Pemdes) dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Bangkep, juga akan didaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tapi mekanismenya sedikit berbeda. Sebab yang menjadi leading sektor anggaran BPJS Ketenagakerjaan bagi pemdes dan BPD adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

“Pembayarannya juga akan dilakukan melalui dana desa (DD). Jadi desa yang sudah siap bisa langsung didaftarkan aparatnya sebagai peserta BPJS,” sebutnya

Kebijakan itu sebut Aris,  belum bersifat kolektif bagi Aparat Pemdes. Berbeda dengan tenaga honorer. Hal itu didorong supaya menjadi kebijakan Pemda. Karena pada tahun-tahun sebelumnya  hanya didasarkan pada kebijakan masing-masing OPD.

Olehnya itu, Aris menambahkan, pihaknya terlebih dahulu akan menuntaskan Perda yang menjadi regulasinya untuk diasistensi melalui Biro Hukum Propinsi. (*)

Reporter: Rifan Touk

Ayo tulis komentar cerdas